ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA (PRICE) PADA MOBIL HONDA BRIO (Studi Empirik pada Pengguna Mobil Honda Brio di Pondok Indah, Jakarta Sekatan)

  • Andriawan Doni Purnama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Supriadi Thalib Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Nana Nawasiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jimp.v1i1.2067
Abstract views: 594 | pdf downloads: 612
Keywords: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek – merek lama dan kemunculan merek baru yang meramaikan persaingan pasar mobil di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini mengulas upaya yang dilakukan Honda untuk mempertahankan eksistensinya dengan cara membentuk dan meningkatkan citra merek sekuat mungkin, karena citra merek yang kuat dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut. Penelitian ini secara khusus menguji elemen – elemen lain yaitu harga. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kedua elemen tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk mobil Honda Brio Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan menggunakan metode non probability sampling terhadap 100 orang responden yang menggunakan mobil Honda Brio. Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Pondok Indah, Jakarta Selatan. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2) dan kualitatif yang terdiri dari interpretasi dari data – data yang diperoleh dengan memberi keterangan dan penjelasan.

Published
2021-03-08
How to Cite
Andriawan Doni Purnama, Supriadi Thalib, & Nana Nawasiah. (2021). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA (PRICE) PADA MOBIL HONDA BRIO (Studi Empirik pada Pengguna Mobil Honda Brio di Pondok Indah, Jakarta Sekatan). JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1), 56-68. https://doi.org/10.35814/jimp.v1i1.2067
Section
Articles