FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CAPITAL STRUCTURE DAN FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar 2015 -2019)

  • Cindy Aprilya Universitas Bunda Mulia
  • Temy Setiawan Universitas Bunda Mulia
DOI: https://doi.org/10.35814/relevan.v1i2.2273
Abstract views: 358 | pdf downloads: 235
Keywords: Firm size, market value added, capital structure, financial performance

Abstract

ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi berperan penting dalam memperlancar proses pembangunan. Salah satu sektor perusahaan manufaktur yang turut serta dalam meningkatkan sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian adalah sektor industri barang konsumsi dimana sektor ini perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan financial performance. Namun seiring dengan adanya kenaikan pertumbuhan ekonomi dan nilai investasi, financial performance malah mengalami perlambatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi financial performance pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan metode penelitian PLS-SEM (Partial Least Square - Structural Equation Modeling) dengan data sekunder sebagai sumber data serta purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampel. Hasil penelitian mengemukakan bahwa terdapat pengaruh antara capital structure terhadap financial performance dan market value added terhadap financial performance dimana firm size tidak berpengaruh terhadap financial performance, firm size dan market value added tidak berpengaruh terhadap capital structure serta capital structure tidak memiliki peran sebagai variabel mediasi antara variabel firm size dan market value added terhadap financial performance.

Kata kunci : Firm size, market value added, capital structure, financial performance

Published
2021-06-01
How to Cite
Aprilya, C., & Setiawan, T. (2021). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CAPITAL STRUCTURE DAN FINANCIAL PERFORMANCE (Studi pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar 2015 -2019). RELEVAN : Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 113-122. https://doi.org/10.35814/relevan.v1i2.2273
Section
Articles