PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SD MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN-KETERAMPILAN ABAD 21
Abstract views: 293 | pdf downloads: 322
Abstract
Kurikulum 2013 diberlakukan dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Pada jenjang pendidikan dasar, kurikulum 2013 menuntut agar peserta didik memiliki keterampilan abad 21, baik berpikir dan bertindak, melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan. Kegiatan ini dilakukan untuk guru-guru SD di Kota Metro Provinsi Lampung dengan tujuan untuk mengembangkan profesionalisme guru melalui pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan abad 21. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan lokakarya. Di akhir kegiatan peserta diberi tugas mandiri untuk dipresentasikan sesuai dengan waktu yang disepakati. Berdasarkan hasil evalusasi CIPP diperoleh informasi bahwa rerata n-gain berkategori tinggi dan 85% guru peserta kegiatan dinyatakan terampil dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan abad 21.
Kata kunci: profesionalisme guru SD, perangkat pembelajaran IPA, keterampilan abad 21
Abstract
The 2013 curriculum was implemented to prepare the quality generation to deal with the challenges in industrial revolution 4.0. At the elementary level, the 2013 curriculum demands that students possess 21st-century skills, both thinking, and acting, through scientific approaches by the stages of child development relevant to the given task. This activity was carried out for elementary school teachers in Metro City Lampung Province with aims to developed teachers’ professionalism through training for making natural science lesson plans to improve 21st-century skills. This activity began with the delivery of material and then continued with the workshop. At the end of the activity, the participants were given an independent task to be presented by the agreed time. Based on the results of the CIPP evaluation, information was obtained that the average n-gain in a high category and 85% of the teachers participating in the activity were declared skilled in compiling natural science lesson plans to improve 21st-century skills.
Keywords: elementary school teachers’ professionalism, natural science lesson plans, 21st-century skills