MANUFAKTUR TRAINER CUTTING MOTOR STARTER ENGINE DIESEL SEBAGAI MEDIA PERAGA PEMBELAJARAN PERAWATAN MESIN

  • Amin Nur Akhmadi Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Agus Suprihadi Politeknik Harapan Bersama Tegal
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i2.1302
Abstract views: 5 | PDF downloads: 8
Keywords: cutting, media peraga, pembelajaran, perawatan mesin

Abstract

Sistem penggerak utama motor starter berfungsi untuk mempermudah proses menghidupkan engine, dimana sistem motor starter merupakan suatu sistem kelistrikan yang bekerja dengan tenaga elektromagnetik terhadap motor starter arus searah dengan mekanisme merubah energi listrik yang berasal dari baterai dengan sumber arusnya menjadi energi mekanik berupa putaran. Energi mekanik inilah yang selanjutnya digunakan untuk melakukan gerakan awal saat engine akan dihidupkan dengan cara memutar flywheel melalui perkaitan gigi antara roda gigi pinion pada starting motor dengan roda gigi cincin pada flywheel. Alat peraga adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Secara umum alat peraga pembelajaran dalam pendidikan disebut media, yaitu berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk berpikir, perancangan merupakan proses awal dari kegiatan pembuatan produk. Perancangan bertujuan untuk memberikan keputusan-keputusan yang akan mempengaruhi langkah dalam proses pembuatan produk peraga, membuat peraga motor starter dengan memberi tanda alur garis pada bagian luar komponen motor starter dipresentasikan pada gambar pembuatan trainer motor starter cutting bisa digunakan sebagai alat peraga pada mata kuliah perawatan mesin yang mampu memberikan penjelasan tentang nama-nama komponen pada motor stater.

Author Biographies

Amin Nur Akhmadi, Politeknik Harapan Bersama Tegal

 

 

Agus Suprihadi, Politeknik Harapan Bersama Tegal

 

 

References

Agus, H. 2010. Perancangan Alat Tambal Ban Kendaraan Bermotor Portable. Skripsi Teknik Elektro. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Akhmadi, A. N., Qurohman, M. T., & Romadhon, S. A. 2019. Penerapan Overhaul Engine Stand Kijang Menggunakan Alat-Alat Spesial Service Tool Di SMK NU 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 7-10.

Darmawan, H, 2004, Pengantar Perancangan Teknik, Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Hartati, B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 6, 128-132.

Jamroh, M. A. 2015. Penerapan Metode Alat Peraga Engines Cutting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan Dan Perbaikan Mesin Kelas X Di Smk Ypt Purworejo. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 6(2).

Sholikhin, Hadi. 2016. Analisis dan Trouble Shooting Kerja Motor Starter Tipe Reduksi Pada Mitsubishi L300 Diesel, Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Sudarsono, Y.D.P.B. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Mechanical Matic Engine Menggunakan Engine Cutting 5.5 Hp Untuk Dasar Mesin 4 Tak. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 10(01).

Widiyatmoko, A. dan S. D. Pamelasari. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga Ipa Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. JPII, 1 (1), 51-56.

Published
2020-07-08
How to Cite
Akhmadi, A. N., & Suprihadi, A. (2020). MANUFAKTUR TRAINER CUTTING MOTOR STARTER ENGINE DIESEL SEBAGAI MEDIA PERAGA PEMBELAJARAN PERAWATAN MESIN . Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 2(2), 71-76. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i2.1302