PENGARUH JENIS TERBANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PESAWAT KING AIR B200

  • AA Sagung Sri Ratih Paramitha Universitas Pancasila
  • I Gede Eka Lesmana Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i2.1374
Abstract views: 1 | PDF downloads: 5
Keywords: pesawat udara, konsumsi bahan bakar pesawat, jenis terbang, pengaruh jenis terbang, uji SPSS

Abstract

Saat ini, pemanfaatan pesawat udara dalam moda transportasi semakin meluas, tidak hanya mengambil peran sebagai media untuk transportasi penumpang, tetapi juga digunakan sebagai media untuk melakukan uji kalibrasi terhadap navigasi pendukung keselamatan penerbangan. Uji Kalibrasi di lakukan dengan membawa alat uji di dalam pesawat yang digunakan dan melakukan prosedur untuk mengkalibrasi navigasi penerbangan termasuk manuver yang dibutuhkan. Pemanfaatan pesawat yang biasanya di gunakan untuk melakukan ferry dengan fungsi kembali ke base untuk melakukan perawatan pesawat atau membawa penumpang dari satu daerah ke daerah lain. Pesawat dengan tipe dan interval waktu penggunaan yang sama akan memiliki perbedaan konsumsi bahan bakar apabila digunakan dalam jenis pemanfaatan terbang yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dengan melakukan uji ANOVA dan t-test menggunakan SPSS. Saat dilakukan uji dengan SPSS didapatkan hasil uji t-test menunjukkan nilai Signifikan atau Sig. sebesar 0,002 sehingga hipotesa adanya perbedaan konsumsi bahan bakar saat melakukan ferry dan kalibrasi dapat di terima. Sehingga perlu di lakukan penjadwalan terbang yang baik agar setiap pesawat dapat memasuki masa perawatan rutin yang sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

Author Biographies

AA Sagung Sri Ratih Paramitha, Universitas Pancasila

 

 

I Gede Eka Lesmana, Universitas Pancasila

 

 

References

Fatonah, F. 2014. Metode Pengukuran Peralatan Lokalizer di Bandar Udara’, Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia, 40 (3), pp. 173–188.

Federal Aviation Administration. 2012 Aviation Maintenance Technician Handbook Powerplant Volume 2. Vol. 2. New Castle, United States: Aviation Supplies & Academics Inc.

Mora, Minda dan Yusmar, T. 2014. Pengaruh Kepadatan Lalu Lintas Penerbangan Pada Saat Taxi Out Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pesawat Udara (Studi Kasus: Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta). Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia, 40(4), pp. 215–222.

Samsudin, R. 2010. Kalibrasi Navigasi Penerbangan dalam Mengantisipasi Keselamatan Penerbangan. Jurnal Penelitian Perhubungan Udara, 36(3), pp. 262–277.

Sujarweni, V. W. 2015. SPSS untuk penelitian. Edited by Florent. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Zulaichah. 2014. Pengaruh Fasilitas Bandar Udara Terhadap Kinerja Ketepatan Waktu Maskapai Penerbangan’, Jurnal Perhubungan Udara Warta Ardhia, 40(4), pp. 223–234.

Published
2020-07-08
How to Cite
Paramitha, A. S. S. R., & Lesmana, I. G. E. (2020). PENGARUH JENIS TERBANG TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PESAWAT KING AIR B200. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 2(2), 85-94. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i2.1374