ANALISA TINGKAT KEBISINGAN PADA MESIN STRIP OBAT

  • Dimas Suryo Ajitomo PT. Medifarma Laboratories
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v1i2.817
Abstract views: 1077 | PDF downloads: 938
Keywords: Obat, Industri, Produksi, Pengemasan, Mesin

Abstract

Obat-obatan dalam kehidupan sehari-hari merupakan kebutuhan yang tidak dapat dianggap sebagai kebutuhan tersier dikarenakan dalam situasi dan kondisi tertentu obat dapat menjadi kebutuhan yang sangat penting. Perusahaan farmasi bersaing untuk menghasilkan produk dengan kualitas yang optimal dan memasarkan produknya yang meliputi obat bebas (OTC, Over The Counter)dan obat resep (ETC, Ethical)untuk memenuhi permintaan konsumen di pasar lokal maupun internasional. Industri farmasi memiliki beberapa tahapan proses, yaitu proses penyimpanan material bahan, produksi, sampai pengemasan. Pada proses pengemasan yang terkait didalamnya adalah proses penyetripan kaplet yang dilakukan menggunakan mesin yang sesuai dengan jenis kapletnya. Walapun demikian, masalah-masalah pada mesin yang menghambat kelancaran proses produksi akan terjadi. Mencari solusi yang tepat untuk masalah yang timbul dan menghambat kelancaran proses produksi mampu dikurangi, dengan tujuan meningkatkan produktifitas mesin, mengurangi rejectpada mesin stripping, meningkatkan tingkat keselamatan kerja operator, dan meningkatkan efisiensi dalam proses produksi.

References

Gaspersz Vincent, Statistical Process Control, Jakarta : Yayasan Indonesia Emas Dan Institut VINCENT, 1998.

Grant Eugene L. dan Richard S. Leavenworth, Statistikal Quality Control, 6 Th Edition, New York: McGraw-Hill Book Company, 1988.

Ishikawa Kaoru, Teknik Penuntun Pengendalian Mutu, Cetakan ke 3 Penerjemah Nawolo Widodo, Jakarta : PT. Mediyatama Sarana Perkasa, 1988.

Kunglong Machinery, Operation Manual for Automatic Strip Packaging Machine Model SP – 180, Jakarta : PT. Imas Asri Mulia, 2003.

Published
2019-07-31
How to Cite
Dimas Suryo Ajitomo. (2019). ANALISA TINGKAT KEBISINGAN PADA MESIN STRIP OBAT. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi, 1(2), 89-96. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v1i2.817
Section
Articles