Publication Ethics

Etika Publikasi

Jurnal Asiimetrik adalah jurnal nasional elektronik dengan menggunakan sistem peer-review. Pernyataan ini mengklarifikasikan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan naskah artikel dalam jurnal ini, termasuk Penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Editorial, Mitra Bestari, dan Penerbit. Pernyataan ini berdasarkan Kaidah COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Panduan Etika untuk Penerbit Jurnal

Publikasi sebuah artikel ilmiah melalui proses peer-review Jurnal Asiimetrik adalah sebuah hal yang utama dalam menginformasikan artikel ilmiah yang memiliki kredibilitas dan penuh rasa tanggung jawab untuk melakukan pengembangan keilmuan yang dijelaskan secara terperinci oleh penulis. Selain itu, artikel tersebut juga secara langsung menggambarkan kualitas usaha dari penulis dan institusi asal penulis yang mendukung mereka dalam pengembangan keilmuan mereka untuk diinformasikan ke masyarakat. Artikel ilmiah yang diulas dengan sistem peer-review didukung dengan menggunakan metode ilmiah yang terpecaya. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk adanya aturan kesepakatan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam publikasi artikel ilmiah tersebut antara lain Penulis, Editor Jurnal, Mitra Bestari, Penerbit dan Masyarakat.

Keputusan Publikasi Jurnal

Etika Editor

Seorang Editor Jurnal Asiimetrik memiliki tanggung jawab untuk memutuskan jenis artikel mana yang sesuai dengan ruang dan lingkup Jurnal Asiimetrik untuk dipublikasikan. Validasi artikel ilmiah dalam bentuk pertanyaan mengenai pentingnya tingkat keaslian (orginalitas) naskah bagi peneliti dan pembaca menjadi poin utama dalam keputusan Editor. Para Editor dapat mengambil keputusan dengan mengikuti panduan dari Aturan Kebijakan Dewan Editorial Jurnal dan batasan hukum mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor lain dalam hal pengambilan keputusan ini.

Kejujuran

Seorang editor setiap waktu dalam mengevaluasi sebuah naskah manuscript dalam hal konten intelektualnya  tidak memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal usul etnis, kewarganegaraan, atau prinsip politik dari penulis.

Rahasia

Seluruh editor dan staf editor manapun tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah manuscript kepada siapapun selain dari corresponding author, mitra bestari, potensi mitra bestari, dewan editor, dan penerbit yang telah ditunjuk sebelumnya untuk mengerjakan tangung jawabnya masing-masing.

Pengungkapan dalam konflik kepentingan

Bahan materi yang tidak terpublikasi dan diungkapkan di dalam naskah manuscript selama proses peer-review ke dalam Jurnal Asiimetrik tidak diijinkan untuk digunakan dalam penelitian editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Etika Reviewer

Kontribusi untuk keputusan editorial

Proses peer-review yang dilakukan oleh Mitra Bestari dapat membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi antara editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah.

Ketepatan

Setiap Mitra Bestari terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk melakukan peninjauan naskah manuscript yang masuk ke dalam Jurnal Asiimetrik atau proses peninjauan yang dilakukan oleh Mitra Bestari berlangsung dalam waktu yang lama harus memberi tahu Dewan Editor mengenai hal tersebut dan memohon ijin dari proses peninjauan naskah manuscript yang bersangkutan.

Rahasia

Setiap naskah manuscript yang diterima untuk dilakukan proses peninjauan jurnal oleh Mitra Bestari harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah manuscript tidak dapat diperlihatkan atau didiskusikan dengan pihak lain, terkecuali sebagaimana telah diizinkan oleh Editor.

Tingkat Standar Objektivitas

Proses peninjauan naskah manuscript harus dilakukan secara objektif. Kritik antar personal penulis tidak baik dilakukan. Mitra Bestari harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas terhadap naskah manuscript menggunakan argumentasi yang mendukung.

Tinjauan Referensi

Mitra Bestari harus mengidentifikasi referensi yang memiliki hubungan dengan naskah manuscript  yang belum ditulis oleh penulis di daftar pustaka. Setiap pernyataan, pertanyaan, argumentasi yang telah ditulis sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra Bestari juga dapat meminta bantuan Dewan Editor untuk memeriksa tentang kesamaan atau tumpang tindih mengenai hasil subtansial antara naskah manuscript yang sedang menjalani proses peer review dengan artikel ilmiah yang sudah terbit sebelumnya.

Pengungkapan dalam konflik kepentingan

Nilai kebaharuan dan informasi atau ide baru di naskah manuscript yang dihasilkan dari proses peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan secara pribadi oleh Mitra Bestari untuk mencari keuntungan. Mitra Bestari tidak dapat mempertimbangkan naskah manuscript yang memiliki konflik kepentingan yang dapat menimbulkan persaingan, kolaborasi, atau hubungan lain terhadap penulis, perusahaan atau lembaga manapun yang terhubung dengan naskah manuscript tersebut.

Etika Penulis

Standar Laporan

Penulis naskah manuscript penelitian harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif secara signifikan. Data primer yang disajikan harus akurat ditulis. Sebuah naskah manuscript harus memuat hasil dan metode yang detail serta referensi yang cukup dengan tujuan supaya memungkinkan orang lain dapat mengikuti karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Akses data dan penyimpanan data

Penulis diminta untuk memberikan data primer yang berhubungan dengan naskah manuscript yang ditinjau oleh dewan editorial, dan harus meyiapkan akses publikasi ke data tersebut (harus konsisten dengan pernyataan ALPSP-STM tentang basis data) jika dapat dilakukan, dan dalam keadaan apapun harus siap untuk menyimpan data tersebut jika sewaktu-waktu diminta untuk dipublikasikan.

Keaslian dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka sepenuhnya telah menulis sebuah karya yang asli, dan jika penulis telah menggunakan karya atau kata-kata orang lain maka penulis harus mengutipnya dengan tepat.

Publikasi berganda atau waktu publikasi naskah bersamaan

Seorang penulis tidak dapat secara umum menerbitkan naskah manuscript yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Memasukan naskah manuscript yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Sumber Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih terhadap bantuan pihak lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan karakteristik dari naskah manuscript yang ditulis.

Peran penulis dalam naskah manuscript

Tim penulis harus dibatasi kepada mereka yang telah memberikan kontribusi secara signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau penjelasan naskah manuscript yang disubmit ke dalam jurnal. Semua yang telah memberikan kontribusi secara signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis (co-author), dimana jika ada pihak lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan semua penulis yang berkontribusi dan yang tidak berkontribusi ke dalam naskah manuscript. Seluruh penulis secara bersamaan yang telah ditulis, harus melihat dan menyetujui versi finalisasi naskah manuscript untuk pengajuan publikasi.

Resiko bahaya untuk subjek manusia atau hewan

Jika penelitian tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki resiko bahaya dan tidak biasa melekat di dalamnya, maka penulis harus menjelaskan secara detail identitasnya di dalam naskah manuscript.

Pengungkapan dalam konflik kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan di dalam naskah manuscript mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi dari naskah manuscript mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian harus diungkapkan.

Kesalahan dasar dalam naskah manusript yang diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan sendiri adalah suatu kewajiban penulis untuk segera memberi tahu dewan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan dewan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah manuscript.