Peer Review Process

Aturan Peer review

Proses peer review dilakukan untuk memastikan bahwa artikel ilmiah terbaik yang dapat dipublikasikan di Jurnal Asiimetrik. Proses peer review dijadikan sebagai sebuah metode obyektif yang menentukan keunggulan sebuah artikel dalam publikasi ilmiah, sehingga proses ini diadopsi oleh semua jurnal ilmiah yang terkemuka. Dewan Editor kami memainkan peranan penting dalam mempertahankan standar kualitas dari artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Asiimetrik, sehingga dengan kondisi tersebut maka seluruh naskah yang submit akan ditinjau dengan mengikuti prosedur yang diuraikan di bawah ini.

Evaluasi naskah tahapan awal

Salah satu Tim Dewan Editor pertama-tama mengevaluasi semua naskah manuscript yang masuk ke dalam Jurnal Asiimetrik. Kondisi ini jarang terjadi, namun naskah manuscript yang kualitasnya baik dimungkinkan akan lolos dari tahapan ini. Naskah yang ditolah pada tahapan ini antara lain tingkat keasliannya yang kurang (lihat panduan plagiarisme nya), memiliki kelemahan ilmiah yang cukup serius, memiliki susunan tata bahasa yang kurang baik atau tidak baku, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup (Focus and Scope) Jurnal Asiimetrik. Naskah manuscript yang memenuhi syarat akan lanjut ke tahapan selanjutnya untuk di review oleh Reviewers minimal satu orang.

Naskah manuscript yang ditolak pada tahapan ini biasanya akan diinformasikan dalam waktu dua minggu setelah diterima.

Tipe peer review

Jurnal Asiimetrik menggunakan sistem review dengan sistem ‘single blind’ dimana para Reviewer dapat mengetahui nama si penulis naskah manuscript selama mengikuti proses revisi, selain itu identitas si penulis juga diketahui oleh Reviewers. Namun, pihak penulis tidak dapat mengethui nama dan identitas si Reviewers.

Bagaimana Reviewers dapat dipilih

Kapanpun dimungkinkan, Reviewers yang dipilih akan disesuaikan dengan topik naskah manuscript yang masuk ke dalam Jurnal Asiimetrik sesuai dengan keahlian mereka. Karena database Reviewers kami terus diperbaharui, maka kami juga menerima saran dari penulis naskah untuk Reviewers kami meskipun rekomendasi tidak mengikat tersebut tidak selalu digunakan.

Laporan Reviewers

Reviewers diminta untuk mengevaluasi naskah manuscript berupa :

  1. Tingkat keaslian dari pola pemikiran penulis (termasuk data yang disajikan di dalam naskah manuscript)
  2. Apakah metodologi penelitiannya sesuai dengan hasil data yang didapatkan, dan mudah untuk diikuti oleh penulis lain jika digunakan sebagai referensi
  3. Memiliki data hasil yang jelas dan mendukung kesimpulan yang diberikan
  4. Susunan daftar referensi penelitian sebelumnya (state of the art) yang digunakan oleh penulis naskah sebagai bahan referensinya
  5. Mengikuti pedoman penulisan yang tepat, termasuk dalam hal plagirismenya
  6. Memiliki tingkat kebaharuan yang baru (novelty) untuk mengembangkan keilmuannya sesuai dengan bidang yang dimaksud.

Koreksi tata bahasa bukan bagian dari proses peer review, tetapi Reviewers didorong untuk menyarankan koreksi tata dan gaya bahasa pada naskah manuscript. Pada tahapan akhir revisi, Dewan Editor memiliki tugas untuk memeriksa hal-hal mengenai tata dan gaya bahasa, serta dapat menyarankan atau menginformasikan proses koreksi kepada penulis naskah tersebut. Dalam kasus ini, naskah dapat dikembalikan ke penulis untuk proses revisi atau perbaikan jurnal.

Berapa lama proses review berlangsung ?

Waktu yang diperlukan untuk proses review naskah manuscript tergantung dari respon Reviewers. Jurnal Asiimetrik menggunakan rata-rata waktu proses review putaran pertama pada Reviewers selama 6 minggu, dengan waktu maksimum selama 3 bulan. Jika hasil review Reviewers bertentangan atau berbeda satu sama lain, maka Reviewers selanjutnya akan dicari. Dalam kasus ini, ketika mengalami kesulitan untuk mencari Reviewers lain, maka Dewan Editor dapat dijadikan sebagai Reviewers selanjutnya dengan mengandalkan salah satu hasil review dari Reviewers, dikarenakan hanya kebijakan Dewan Editor yang dapat menerima, menolak ataupun memberikan informasi revisi naskah manuscript kepada para penulis. Keputusan Dewan Editor akan dikirimkan ke penulis naskah bersamaan dengan hasil review Reviewers. Sebagai aturan, naskah yang telah direvisi dapat disubmit kembali ke dalam sistem untuk dapat di review lebih lanjut langsung kepada Reviewers.

Laporan Akhir

Keputusan akhir naskah manuscript untuk diterima atau ditolak akan dikirimkan ke penulis bersamaan dengan hasil rekomendasi review oleh Reviewers, termasuk (jika ada) komentar dari Dewan Editor

Keputusan Akhir Dewan Editor

Reviewers dapat memberikan masukan kepada Dewan Editor yang bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah manuscript tersebut.

Mekanisme ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE) yang dapat diakses di

https://publicationethics.org/files/Ethical_Guidelines_For_Peer_Reviewers_2.pdf