ANALISIS PERHITUNGAN PERKUATAN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN BAJA PROFIL AKIBAT PENAMBAHAN BEBAN SERVER DENGAN BANTUAN PROGRAM ETABS

  • Slamet Wahyudi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Haryo Koco Buwono Universitas Muhammadiyah Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v4i1.703
Abstract views: 252 | pdf downloads: 352
Keywords: perkuatan baja profil, ruang server, ETABS

Abstract

Penelitian dilakukan pada sebuah gedung didaerah Jakarta Pusat memerlukan ekspansi ruangan untuk kebutuhan ruang server utama dengan beban 1200 kg/m2. Sehingga perlu adanya analisis untuk meninjau kekuatan strukturnya apakah masih mampu untuk menerima beban tambahan tersebut. Dan perlu dilakukan perhitungan untuk struktur perkuatannya apabila struktur existing tidak mampu menahan beban tambahan. Dengan menggunakan program ETABS dan perhitungan manual yang berdasar pada peraturan SNI dilakukan analisis tersebut. Pada analisis ini dibuat 3 modeling dengan menggunakan program ETABS. Modeling pertama adalah kondisi normal sebagai kontrol. Modeling kedua adalah struktur existing dengan beban tambahan server tanpa struktur perkuatan. Dan Modeling ketiga dengan beban tambahan dan dengan struktur perkuatan baja profil. Dari hasil output dari masing-masing modeling digunakan analisa perbandingan untuk mendapatkan peningkatan luas tulangan perlu dan gaya dalam yang terjadi serta dimensi baja profil untuk struktur perkuatannya. Hasil dari penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa dengan ditambahkan beban tambahan server pada sebagian area akan menimbulkan peningkatan luas tulangan dan gaya dalam pada struktur lainnya. Dan dihasilkan dimensi baja profil struktur perkuatannya menggunakan HB-400x400x13x21, HB300x300x10x15 dan IWF-200x100x5,5x8.

References

Dipohusodo, Istimawan. (1999). “Struktur Beton Bertulang”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Herdiansah, Yudi. “Evaluasi Kinerja dan Perkuatan Struktur Gedung Guna Penambahan Lantai Dengan Studi Kasus Gedung Fakultas Psikologi UNJANI”. Cimahi : Fakultas Teknik – Universitas Jenderal Achmad Yani.

Indarto, Himawan, dkk. “Evaluasi Kekuatan Struktur yang Sudah Berdiri Dengan Uji Analisis dan Uji Beban (Studi Kasus Gedung Setda Kabupaten Brebes). Brebes : Jurnal Teknik Sipil Academia

Miswar, Khairul, dkk. “Perbaikan dan Perkuatan Balok Beton Bertulang Dengan Cara Penambahan Profil Baja Kanal”. Nanggroe Aceh Darussalam : Teknik Sipil - Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Moestopo, Muslinang. (2012). “Struktur Bangunan Baja Tahan Gempa”. Jakarta : HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)

Standar Nasional Indonesia (SNI) 1726-2012. (2012). “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung dan Non Gedung”. Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Standar Nasional Indonesia (SNI) 1727-2013. (2013). “Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain”. Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Standar Nasional Indonesia (SNI) 1729-2015. (2015). ”Spesifikasi Untuk Bangunan Gedung Baja Struktural”. Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Standar Nasional Indonesia (SNI) 2847-2013. (2013). “Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung”. Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Bin Ishaq Al-sheikh, DR. Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurahman. (2005). “Tafsir Ibnu Katsir”. Jakarta : Pustaka Imamasy-Syafi’i

Published
2019-07-27
How to Cite
Wahyudi, S., & Buwono, H. K. (2019). ANALISIS PERHITUNGAN PERKUATAN STRUKTUR BETON BERTULANG DENGAN BAJA PROFIL AKIBAT PENAMBAHAN BEBAN SERVER DENGAN BANTUAN PROGRAM ETABS . Jurnal Infrastruktur , 4(1), 1 - 10. https://doi.org/10.35814/infrastruktur.v4i1.703