Pemilihan Taman Kota sebagai Daya Tarik Pariwisata Perkotaan Berdasarkan Motivasi Kegiatan

  • Citra Ayunda Permata Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila
  • Meizar Rusli Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/tourism.v5i2.777
Abstract views: 532 | pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting taman kota sebagai daya tarik di Kota Bogor, menganalisis pilihan taman kota berdasarkan motivasi kegiatan, dan mendeskripsikan strategi pengembangan pariwisata pada taman kota yang menjadi prioritas utama. Analytical Hierarchy Process (AHP) yang dibantu dengan Software Expert Choice 11 dalam proses perhitungannya serta analisis Strength, weaknesses , Opportunity, and Threat (SWOT) adalah metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa tingkat kepentingan dari empat kriteria motivasi kegiatan yang ada; rekreasi adalah motivasi kegiatan yang dominan, sedangkan untuk lima pilihan alternatif taman kota; Taman Sempur merupakan prioritas utama taman kota. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan bahwa pengembangan strategi pariwisata di taman kota dengan memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Secara garis besar strategi yang dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) membuat Sempur Fast Run, (2) mengadakan Loveable City Movement, (3) membuat Free Walking Tour.

References

Dwiputra ID, Ardiani NA. 2017. Preferensi Masyarakat dalam Memilih Karakteristik Taman Kota

Husaini MAA. 2015. Analisa Taman Kota di Surabaya sebagai Urban Park. Institut Teknologi Sepuluh November

Law CM. 2002. Urban Tourism “The Visitor Economy and the Growth of Large Cities” Second Edition. London (UK): Continuum Primadany SR,

Mardiyono, Riyanto. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah KabupatenNganjuk). J Administrasi Publik. 1(4):135-143

[RI] Republik Indonesia. 2008. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 5 Tahun 2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Jakarta (ID): Kementrian Pekerjaan Umum

[RI] Republik Indonesia. 2017. Peraturan Wali Kota Bogor No. 32 Tahun 2017 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Bogor Tahun 2018. Bogor (ID): Wali Kota Bogor

Ruetsche J. 2006. Urban Tourism “What Attracts Visitors to Cities?”. University Wisconsin- Extension

Suherlan H, Pramesti B. 2015. Taman Kota sebagai Sarana Rekreasi dan Peningkatan Kebahagiaan Hidup (Studi Kasus pada Taman-Taman Tematik di Kota Bandung). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Supriatna SA. 2017. Identifikasi Faktor- Faktor yang Berpengaruh Terhadap Daya Tarik Kunjungan Masyarakat pada Taman Kota Tematik di Kota Bandung [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Pasundan

Utama IGB. 2012. Pengembangan Wisata Kota Sebagai Pariwisata Masa Depan Indonesia [Disertasi]. Bali (ID): Universitas Dhyana Pura

Published
2017-12-11
How to Cite
Ayunda Permata, C., & Rusli, M. (2017). Pemilihan Taman Kota sebagai Daya Tarik Pariwisata Perkotaan Berdasarkan Motivasi Kegiatan. Journal of Tourism Destination and Attraction , 5(2), 25-33. https://doi.org/10.35814/tourism.v5i2.777