Cover_JTDA_Vol_IV1.jpg

Volume kelima nomor dua Journal of Tourism Destination and Attraction (JTDA) menampilkan lima tulisan dengan tema besar terkait perencanaan, pengelolaan dan pemasaran destinasi, atraksi serta industri pariwisata.

Gina Amalia, Fahrurozy Darmawan, dan Yuwana M. Marjuka dalam artikelnya yang berjudul Analisis AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) pada Pengunjung The Lodge Maribaya Lembang mengkaji bagaimana pengunjung The Lodge Maribaya Lembang memperhatikan produk, (Attention), mempunyai ketertarikan (Interest), mengumpulkan informasi (Search), membuat sebuah keputusan untuk berkunjung (Action), dan akhirnya menyampaikan informasi dengan mengirim komentar dan tayangan di Internet (Sharing). Penelitian ini menunjukkan bagaimana AISAS sebagai konsep pemasaran yang sesuai dengan era digital telah diaplikasikan pada atraksi pariwisata.

Yunika Dortina dan Yustisia Pasfatima Mbulu melakukan penelitian mengenai Pengaruh On Time Performance terhadap Minat Beli Ulang Pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. On time performance sebagai salah satu indikator kinerja maskapai penerbangan tentunya merupakan daya tarik bagi konsumen untuk menggunakan kembali maskapai penerbangan tersebut.

Dua artikel lainnya mengangkat topik perencanaan pariwisata dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai alat yang membantu pengambilan keputusan dan penetapan prioritas. Akbar Tribowo, M. Yuwana Marjuka, dan Devi Roza K. Kausar dalam artikel Pemilihan Pantai Prioritas dengan Prinsip Community Based Tourism di Kawasan Clungup Mangrove Conservation, Dusun Sendangbiru, Kabupaten Malang, menggunakan AHP untuk menentukan pantai yang lebih prioritas untuk dikembangkan terlebih dulu dengan memperhatikan kriteria pariwisata berbasis masyarakat. Sedangkan Citra Ayunda Permata dan Meizar Rusli mengaplikasikan AHP pada Pemilihan Taman Kota sebagai Daya Tarik Pariwisata Perkotaan Berdasarkan Motivasi Kegiatan.

Partisipasi masyarakat merupakan hal yang penting pada pengelolaan pariwisata, termasuk pada penyelenggaraan event sebagai atraksi pariwisata. Indri Dwi Hartono dan Riza Firmansyah dalam artikel Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Festival Palang Pintu sebagai Atraksi Wisata Budaya di Kawasan Kemang Jakarta Selatan meneliti partisipasi masyarakat dalam event yang mengangkat tradisi Betawi tersebut.

Semoga semua  sajian ini bermanfaat dan selamat membaca.

Published: 2019-08-01