PENGEMBANGAN BIOADITIF GETAH POHON KAMPER BERBASIS NANO TEKNOLOGI PADA BAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR

  • Rully Arifin Universitas Pancasila
  • Dahmir Dahlan Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v11i2.2467
Abstract views: 350 | PDF downloads: 349
Keywords: Bioaditif Getah Pohon Kamper, Performa Daya dan Torsi, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar

Abstract

Bioaditif merupakan unsur organik yang berasal dari tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai aditif untuk meningkatkan kualitas bahan bakar bensin. Getah Pohon Kamper Berbasis Nano Teknologi adalah salah satu jenis yang digunakan sebagai bioaditif yang bersifat mudah menguap dan larut dalam bahan bakar. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, beberapa sampel yang diuji terdiri bahan bakar pertalite, kemudian pengembangan dilakukan dengan menambahkan unsur Bioaditif Getah Pohon Kamper yang telah di proses Nano Teknologi pada bahan bakar tersebut dengan rasio 1 L : 500 mg, 1 L : 700 mg, 1 L : 1000 mg, 1 L : 1200 mg, 1 L : 1500 mg. Pengujian sampel tersebut dilakukan untuk mengukur performa mesin, emisi gas buang, menggunakan Sport device Dyno Test dan Emission Tester. Selain itu, pengujian konsumsi bahan bakar juga dilakkan untuk mengetahui efisiensi penggunaan bahan bakar dari penggunaan bioaditif ini. Hasil dari penelitian penggunaan bioaditif Getah Pohon Kamper mampu meningkatkan performa sepeda motor 125 cc, daya maksimum meningkat pada rasio perbandingan bahan bakar dan Bioaditif Getah Pohon Kamper di 1 L : 700 mg dengan daya yang di hasilkan sebesar 7,90 Hp atau meningkat sebesar 5,61 % dari nilai standart sebelum pemakaian sedangkan torsi yang dihasilkan sebesar 9,80 Nm atau meningkat sebesar 4,44 % dari nilai standart sebelum pemakaian, kemudian hasil pengukuran emisi gas buang yang dihasilkan pengukuran emisi gas buang unsur HC 144 PPM, CO 0,21 %, CO2 13,8 %, O2 1,79 % yang ditimbulkan mencapai nilai yang diperbolehkan dan mencapai nilai yang terbaik.

Author Biography

Dahmir Dahlan, Universitas Pancasila

Program Studi Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila, Jakarta

Published
2021-07-13
Section
Articles