Desa Rempah: Sebuah Inisiasi Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja

  • Nurmala Ahmar Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Suratno Suratno Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Dwi Prastowo Darminto Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Ika Trisnawati Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2021.001.03.14
Abstract views: 485 | PDF downloads: 345
Keywords: collaboration, matching fund, social responsibility, spice village

Abstract

ABSTRAK

Matching fund adalah program membangun ekosistem kampus merdeka sebagai upaya menyelesaikan berbagai isu sosial masyarakat, tantangan industri, dan masalah perguruan tinggi. Program Desa Rempah merupakan sebuah program kemitraan yang dibentuk pada tahun 2014 oleh PT. Sidomuncul, Tbk dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan kearifan lokal sekaligus memenuhi pasokan bahan baku. Melalui program Desa Rempah, dewan komisaris mendukung program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang digagas oleh direksi untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan masyarakat desa disekitar perusahaan. Desa Rempah merupakan sarana pembelajaran dengan tujuan untuk mewujudkan perubahan masyarakat desa untuk menjadi lebih mandiri dan banyak memiliki ilmu untuk meningkatkan kualitas diri. Mekanisme program kerja desa rempah dapat ditiru untuk menjadi aktivitas yang meluas melalui program matching fund dengan sinergi perguruan tinggi, dunia industri, dunia usaha, dunia kerja dan masyarakat.

ABSTRACT

The Matching Fund is a program that aims to create a self-sustaining campus ecosystem in order to address a variety of social issues, industry obstacles, and institutional issues. The Spice Village Program is a collaboration program established in 2014 by PT. Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul, Tbk with the goal of increasing community welfare by employing local wisdom while fulfilling raw material supply. The board of commissioners supports social and environmental responsibility activities created by the board of directors to improve the welfare of farmers and village communities surrounding the company through the Spice Village program. The Spice Village is a learning tool designed to help village communities become more self-sufficient and knowledgeable in order to improve their quality of life. Through a matching fund program with the synergy of colleges, industry, the business world, the world of work, and the community, the spice village work program's mechanism can be duplicated to become a widespread activity.

References

Aminah, T. W. S. (2016). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Jamu PT Sido Muncul Semarang. Diponegoro Law Review, 5(3), 19250.

Ayu, K. R., & Supartoko, B. (2020). Strategi Perusahaan Sido Muncul dalam Pengembangan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 1-12.

Budi, F. S., & Herawati, N. R. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Sido Muncul (Studi Kajian Program Desa Rempah Di Kabupaten Semarang). Journal of Politic and Government Studies, 6(01), 71-80.

Damayanti, N., Arief, M., & Rachmawati, S. (2018). Corporate Social Responsibility (Csr) Pt. Sido Muncul Tbk. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 277-288.

Devi, A. Y. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR):“Program Kemitraan Desa Rempah” Pt Sido Muncul Dilihat Dari Perspektif Perusahaan Dan Masyarakat (Mitra)(Doctoral dissertation, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata).

Heo, I. S., Sohn, S. Y., & Ji, E. J. (2014). Effects of the matching fund program on IPO and bankruptcy of SMEs in Korea. Small Business Economics, 42(1), 117-129.

Hossain, M., Mabiso, A., & Garbero, A. (2022). Matching grants and economic activities among horticultural entrepreneurs: Long-term evidence from Rwanda. World Development, 150, 105712.

PT. Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul, Tbk, Sustainability Report 2020, diakses dengan irl: https://investor.sidomuncul.co.id/misc/sr/SR2020.pdf

Setiawati, T. W. (2016). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Oleh Perusahaan Jamu PT Sido Muncul Semarang. Diponegoro Law Journal, 5(3), 1-12.

Sirine, H., Andadari, R. K., & Suharti, L. (2020). Kewirausahaan Sosial dan Penciptaan Nilai Bersama: Sebuah Kajian terhadap CSR Sido Muncul untuk Program Desa Rempah dan Buah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 119-131.

Yu, H. E., & Wen, C. H. E. N. (2008). On Social Exclusion in Operating Matching Fund for Housing. Journal of Nanjing College for Population Programme Management, 4.

Published
2021-12-31
How to Cite
Ahmar, N., Suratno, S., Darminto, D. P., & Trisnawati, I. (2021). Desa Rempah: Sebuah Inisiasi Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 151 - 159. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2021.001.03.14
Section
Articles