PERANCANGAN TAMAN BELAJAR ONLINE TERBUKA DI BUKIT PAMULANG INDAH RW 09/013

  • Eka Wirajuang Daurrohmah Universitas Terbuka
  • Hendrian Hendrian Universitas Terbuka
  • Nindya Farah Dwi Puspitasari Universitas Terbuka
  • Anton Robiansyah Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.002.01.01
Abstract views: 140 | PDF downloads: 112
Keywords: Taman Belajar Online, Taman Belajar Terbuka, Bukit Pamulang Indah

Abstract

ABSTRAK

Perancangan taman belajar online terbuka ini bertujuan untuk memudahkan warga di Bukit Pamulang Indah (BPI) RW 09/013 dalam berkumpul dengan menyediakan kegiatan belajar online sehingga dapat menambah pengetahuan. Kegiatan perancangan dilakukan untuk memudahkan kegiatan warga di BPI yang suka berkumpul dengan memberikan kegiatan tambahan ilmu melalui media online. Ilmu yang ditawarkan antara lain belajar tentang manajemen keuangan keluarga, wirausaha dan hidroponik. Hasil yang ditargetkan dari kegiatan ini antara lain terjadinya interaksi sosial dengan kegiatan yang bermanfaat dan peningkatan pengetahuan berdasarkan pembelajaran yang dipilih. Perancangan taman belajar online terbuka merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan warga dalam meningkatkan pengetahuannya dengan memanfaatkan internet. Perancangan taman belajar online terbuka memberikan kontribusi bagi peningkatan pengetahuan bagi masyarakat khususnya warga BPI.

ABSTRACT

The design of an open online learning park aims to facilitate residents in Bukit Pamulang Indah (BPI) RW 09/013 in gathering by providing online learning activities so they can increase their knowledge. Design activities are carried out to facilitate the activities of resident in BPI who like to gather by providing additional knowledge activities through online media. The knowledge offered include learning about family financial management, entrepreneurship and hydroponics. The results targeted by this activity include the occurrence of social interaction with useful activities and increasing knowledge based on the selected learning. The design of an open online learning park is an activity that is needed by the resident in increasing their knowledge by utilizing internet. The design of an open online learning park contributes to increasing knowledge for the community, especially BPI residents.

References

Ginting, M. D. (2019). Penggunaan Telepon Genggam pada Masyarakat di Wilayah Perbatasan: Survei pada Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Jurnal PIKOM: Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 20(1), 58–69.

IDN Research Institute. (2020). Indonesia Millenial Report 2019. Report. IDN Research Institute dan Alvara Beyond Insight: ttp.

Ismaya, E. A., & Santoso. (2019). Studi pada Mata Kuliah Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 128–137.

Makmur, T. (2019). Revolusi Sumber-Sumber Informasi di Internet dan Hubungannya dengan Masyarakat Informasi. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 1(1), 46–55.

Putriani, R., Tenriawaru, A. N., & Amrullah, A. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Partisipasi Terhadap Tingkat Partisipasi Petani Anggota P3A dalam Kegiatan Pengelolaan Saluran Irigasi. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(3), 263–274.

Ramadhan, M. M. (2020). Self-Control dalam Game Online: Studi Deskriptif Kualitatif Self Control Gamer PUBG Mobile (Player Unknow’s Battle Grounds) Remaja SMA Kota Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Saprudin. (2019). Dampak Tradisi Begawe Merarik Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Islam Sasak di Kota Mataram. Nurani, 19(1), 119–126.

Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1), 61–74.

Tiharita, R. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran melalui Blended Learning. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 24–31.

Websindo. (2019). Indonesia Digital 2019. https://websindo.com/indonesia-digital-2019-tinjauan-umum/ diakses pada 13 Maret 2021.

Published
2022-05-08
How to Cite
Daurrohmah, E. W., Hendrian, H., Puspitasari, N. F. D., & Robiansyah, A. (2022). PERANCANGAN TAMAN BELAJAR ONLINE TERBUKA DI BUKIT PAMULANG INDAH RW 09/013. CAPACITAREA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 1 - 7. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.002.01.01
Section
Articles