PENERAPAN TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK LAZIS BAITURRAHMAN MELALUI IT SOSIAL MEDIA

  • Nikmatuniayah Nikmatuniayah Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
  • Marliyati Marliyati Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
  • Jati Handayani Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
  • Lilis Mardiana A Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.002.02.6
Abstract views: 95 | PDF downloads: 82
Keywords: Peningkatan, Kulitas produk, IT, Sosial media

Abstract

ABSTRAK

Tujuan utama program ini adalah peningkatan kualitas produk melalui IT di media sosial. Dalam usulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun ini (2020) telah disepakati bersama, bahwa permasalahan diprioritaskan dalam aspek sebagai berikut: (1) Bagaimana mengimplementasikan teknik pembuatan dan editing video yang handal (2) Bagaimana menerapkan teknik pemasaran onine via sosial media yang jitu tahun 2020. Metode yang digunakan sebagai berikut : (1) Sosialisasi program dan  kerjasama. (2) Pelatihan Pembuatan video dan teknik editing video. (3) Pelatihan pemasaran produk secara online melalui Teknologi Informasi Sosial Media. (4) Pendampingan dan Praktek upoad video siap tayang di Youtube dan Sosial Media Lazis Baiturrahman. Setelah mengikuti pendampingan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Polines,  Lazis Baiturrahman   dapat mencapai target sebagai berikut:   Pengelola Lazis Baiturrahman mampu membuat dan mengedit video sendiri dengan handal. Pengelola Lazis Baiturrahman mampu memasarkan produk secara online via sosmed dengan menarik masyarakat luas. Luaran yang dihasilkan dari pendampingan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) Tersedia Video pengenalan produk yang menarik dan siap diupload di youtube atau sosial media. (2) Tersedia Kelompok produk layanan siap dipublikasi, yang terdapat di sosial media: Facebook atau Instagram.

Kata Kunci: Peningkatan, Kulitas produk, IT, sosial media

ABSTRACT

The main objective of this program is to improve product quality through IT on social media. In the proposed community service activities this year (2020) it has been mutually agreed that problems are prioritized in the following aspects: (1) How to implement reliable video creation and editing techniques (2) How to apply accurate online marketing techniques via social media in 2020 The methods used are as follows: (1) Program socialization and cooperation. (2) Training on video making and video editing techniques. (3) Online product marketing training through Social Media Information Technology. (4) Assistance and practice of uploading ready-to-broadcast videos on Youtube and Lazis Baiturrahman Social Media. After participating in the assistance of the Polynesian Community Service Team, Lazis Baiturrahman was able to achieve the following targets: Lazis Baiturrahman managers are able to make and edit their own videos reliably. The manager of Lazis Baiturrahman is able to market their products online via social media by attracting the wider community. The outputs resulting from this assistance for community service activities are: (1) An interesting product introduction video is available and is ready to be uploaded on YouTube or social media. (2) Available groups of service products ready for publication, which can be found on social media: Facebook or Instagram.

Keywords: Improvement, product quality, IT, social media.

References

Cushing E Barry. (1993). “Accounting Information System and Organizatio”. edisi tiga, terjemahan Ruchyat Kosasih, Penerbit Erlangga, Jakarta

Downing Douglas. (1993). “Computer and bussiness Task, Busines”. volume, Baron, terjemahan PT ELEx Media Komputindo, Jakarta

Hall A James. (2001). ”Accounting Information System”, Thomson Learning South Western College publishing, edisi Indonesia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Mc Leod R. JR. (1997). Management Information System : A Study of Computer Based Information System, Macmelan publishing company. sixth edition

Nur Indriantoro. (2000). “Pengaruh Computer Anxiety terhadap keahlian dosen dalam penggunaan komputer”. Jurnal Akuntansi dan Auditing (JAAI) Vo. 3 No 1 FE. UII Yogyakarta

Trisnawati Rina. (1998 ).“Pertimbangan Perilaku dan faktor penentu keberhasia pengembang sistem informasi”, Jurnal Kajian Bisnis, edisi September Yogyakarta

Wilkinson . C. Kneer .(1987). “Information sistem for Accounting and Management, Concept, Application”, Technology : Essentia concept and application, Prentice Hall Engelewood Cliffs. USA

Teknik Editing. https://sipadu.isi-ska.ac.id. Diakses tanggal 25 Maret 2020

Published
2022-08-30
How to Cite
Nikmatuniayah, N., Marliyati, M., Handayani, J., & Mardiana A, L. (2022). PENERAPAN TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK LAZIS BAITURRAHMAN MELALUI IT SOSIAL MEDIA . Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 42 - 51. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.002.02.6
Section
Articles