Pentingnya Layanan Psikologis Bagi Karyawan dalam Menjaga Kesehatan Mental dan Peningkatan Kinerja
Abstract views: 829 | PDF downloads: 929
Abstract
ABSTRAK
Pada cara kerja tradisional kita melihat bahwa ranah pekerjaan, keluarga, dan kehidupan pribadi berjalan secara terpisah, namun perubahan yang terjadi setelah pandemi COVID-19 sangat memperlihatkan bahwa semua ranah tersebut menjadi tipis batasannya. Pada penelitian sebelumnya kita memahami bahwa permasalahan di ranah rumah dan kehidupan pribadi dapat mempengaruhi kinerja kita di kantor dan sebaliknya, dan tidak hanya terkait kinerja tetapi pada akhirnya juga dapat menurunkan kesehatan mental karyawan. Saat ini banyak perusahaan yang mulai mencoba menyediakan layanan konseling/ pendampingan psikologis selain layanan kesehatan fisik, namun demikian masih banyak pula perusahaan yang merasa bahwa layanan konseling hanya menjadi beban tambahan pengeluaran. Oleh karena itu penulis memaparkan temuan yang penulis dapatkan selama berpraktek mendampingi para karyawan. Terdapat 157 klien, yang penulis dapatkan dari rujukan perusahaan maupun datang secara pribadi dengan keluhan utama mengenai pekerjaan. Hal ini berarti semua klien penulis dapatkan dengan fokus utama adalah pembahasan mengenai pekerjaannya, walaupun nantinya bisa berkembangan ke masalah lain. Temuan dari analisis ini adalah terdapat 4 kelompok permasalahan utama pada sampel yang dapat mempengaruhi kinerjanya, yaitu pengembangan diri, permasalahan yang langsung terkait dengan pekerjaan, permasalahan relasi pasangan/ keluarga dan patalogi klinis. Evaluasi terhadap layanan konseling yang diberikan menunjukkan bahwa para karyawan merasa terbantu dengan adanya layanan psikologis yang diberikan perusahaan, dimana mereka memiliki wadah yang tepat untuk berbicara mengenai permasalahan mereka dan hal ini memberikan nilai/ citra positif terhadap perusahaan, serta dapat menghindarkan perusahaan dari resiko menurunnya kinerja, konflik dalam tim, berkembangnya gosip dan pada akhirnya menjaga kesehatan mental dan mendukung peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan.
ABSTRACT
Before, we see that the area of work, family and personal life operate separately, but after COVID-19 everything has changed. Right know we realise that boundaries among three areas is unclear. problems in the realm of household and personal life can affect our performance at work and vice versa. Unmanageable problam can reduce employee’s mental health. Currently, many companies starting to provide counseling/psychological assistance for their employee. But, no doubt, still many companies see counseling services are only an additional burden. Threfore, in these paper, author will describe the findings that the authors obtained during the practice of mentoring employees. There were 157 clients, whom the authors obtained from company referrals or came themselves with major complaints about their job. From the analysis, there are 4 main groups of problems that can affect employee performance: self-development, problems directly related to work, problems with partner/family relationships and clinical pathology. The counseling service’s evaluation, shows that employees feel helped by the psychological services provided by the company. It provides positive value/image for the company, and also can prevent the company from problem such as: decreased performance, conflict within team, gossip’s development and ultimately maintain mental health and support the improvement of employee competence and performance.
References
Attridge, M. and Dickens, S.P. 2022. Health and Work Outcomes of Brief Counseling From an EAP in Vermont: Follow-Up Survey Results, Client Satisfaction, and Estimated Cost Savings. SAGE Journals. https://doi.org/10.1177/21582440221087278.
Barhate, B. and Dirani, K.M. March 2021. Career Aspirations of Generation Z: A Systematic Literature Review. European Journal of Training and Development. https://doi.org/10.1108/EJTD-07-2020-0124.
Delia O’Hara, “The intrinsic motivation of Richard Ryan and Edward Deci,” American Psychological Association, December 18, 2017.
Elizabeth, Akampurira. 2022. The impact of work environment and marital stress on job performance among the working married couples in Lyantonde district. Department of Educational, Social and Organisational psychology, Makerere University.
Nekzada, N and Tekeste, S.F. 2013. A qualitative study on the causes of stress and management mechanisms at Volvo Trucks AB, Umeå. Umeå School of Business and Economics.
Tuvulla, T.E. and Byaruhunga, J. 2017. Effectiveness of Workplace Counseling on Employee Performance. A Case of Mumias Sugar Company Limited, Kenya. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online): 2319 – 8028, ISSN (Print): 2319 – 801X
Copyright (c) 2023 maharani ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.