PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA-SISWI SMAN 4 TANGERANG SELATAN

  • Yudhi Prasetiyo Yudhi Universitas Terbuka
  • Sila Ninin Wisnantiasri Universitas Terbuka
  • Diky Paramitha Universitas Terbuka
  • Novita Nugraheni Universitas Terbuka
  • Shufia Zuhroh Universitas Terbuka
  • Dwirini Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.01.02
Abstract views: 83 | pdf downloads: 74
Keywords: Pandemi covid-19, Pembelajaran, Akuntansi.

Abstract

Dimasa pandemi covid-19 menjadi sebuah fenomena yang sangat luar biasa dalam kegiatan seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan yang harus mengubah sistem pembelajaran secara nasional karena kebijakan pemerintah untuk pembatasan sosial berskala besar, semua siswa melakukan pembelajaran dari rumah dan lokasi tinggal masing-masing. Dikarenakan kebijakan tersebut siswa harus melakukan penyesuaian untuk dapat menangkap mata pelajaran dengan tetap optimal. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini diadakan untuk membantu permasalahan tersebut kepada siswa-siswi kelas XII Jurusan IPS pada SMAN 4 Kota Tangerang Selatan untuk mata pelajaran ekonomi akuntansi dalam hal pemahaman dan keterampilan dalam mengidentifikasi transaksi dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Metode yang digunakan pembelajaran dengan menggunakan Accounting Business Game (ABG). Siswa-siswi menjadi lebih senang dan kritis dalam pelaksanaan pembalajaran untuk membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam bidang akuntansi.

Author Biographies

Sila Ninin Wisnantiasri, Universitas Terbuka

Penulis Pertama

Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Diky Paramitha, Universitas Terbuka

Penulis Ketiga

Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Novita Nugraheni, Universitas Terbuka

Penulis Keempat

Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Shufia Zuhroh , Universitas Terbuka

Penulis Kelima

Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

Dwirini, Universitas Terbuka

Penulis Keenam

Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia

References

Akpanobong, Uyai E., Asuquo, E. E. (2015). Teacher Quality and Students’ Achievement in Financial Accounting in Senior Secondary Schools in Akwa Ibom State, Nigeria. International Journal of Education and Researc, 3(9).
Fitriasari, N. S., Apriansyah, M. R., & Antika, R. N. (2020). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Online. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 77–86. https://doi.org/10.35585/inspir.v10i1.2564
Merdekawati, E., Pratiwi, R., & Hidayati, A. (2022). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas Xii Melalui Pelatihan Akuntansi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 3(1), 240–244. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i1.83
Published
2023-05-16
How to Cite
Yudhi, Y. P., Sila Ninin Wisnantiasri, Diky Paramitha, Novita Nugraheni, Shufia Zuhroh, & Dwirini. (2023). PENYULUHAN DAN PENDAMPINGAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA-SISWI SMAN 4 TANGERANG SELATAN . Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 14-25. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.01.02
Section
Articles