DIGITALISASI UMKM UNTUK MENDORONG PENGUATAN DAN PEMULIHAN AKIBAT PANDEMI COVID-19

  • Friska Dayanti Nadeak Universitas Pancasila
  • Desi Nadya Aulena Universitas Pancasila
  • M. Ramadhana Reksoprodjo Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.003.01.04
Abstract views: 109 | PDF downloads: 126
Keywords: KKN, digital marketing, COVID-19

Abstract

Melalui KKN mandiri, mahasiswa diharapkan secara mandiri mampu berkontribusi terhadap isu atau permasalahan yang sedang berkembang. Adapun penyebaran COVID-19 secara langsung berdampak negatif terhadap pelaku UMKM di Indonesia termasuk di Desa Bojong Kulur Kabupaten Bogor. Permintaan pada usaha UMKM Desa Bojong Kulur menurun tajam karena Pandemi COVID-19 ini menyebabkan mobilisasi dan konsumsi masyarakat terbatas. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong pemulihan UMKM Desa Bojong Kulur melalui edukasi dan pelatihan  digitalisasi bisnis kepada UMKM Desa Bojong Kulur. Kegiatan ini dilakukan online dengan penyampaian materi, pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan akun di beberapa platform, pembuatan akun untuk pembayaran digital, dan pemasaran digital yang optimal dengan menerapkan strategi jadwal posting, analisis, dan search engine optimization (SEO). Hasil yang diperoleh setelah pelatihan menunjukkan meningkatnya motivasi dan kemampuan teknikal UMKM binaan serta peningkatan publisitas UMKM binaan yang diindikasikan dengan review dan meningkatnya  viewers pada konten pemasaran. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi pelaku usaha mikro lainnya yang terdampak pandemi COVID-19 dan menjadi solusi dari masalah UMKM yang ada.

References

Erick. (2020, February 27). https://www.dana.id/. (Kompas.com) Retrieved March 18, 2021, from https://www.dana.id/blog: https://www.dana.id/blog/5-tips-umkm-bertahan-di-masa-pandemi
Farhanah. (2020, September 9). https://money.kompas.com/. (S. Respati, Editor, & Kompas.com) Retrieved from https://money.kompas.com/read: https://money.kompas.com/read/2020/09/09/143611226/umkm-terdampak-pandemi-pemerintah-dan-swasta-gotong-royong-dorong-pertumbuhan
Nur, N. (2020, August). Pendampingan Usaha Mikro Yang Terdampak Covid-19 Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk. (L. L. Wijayanti, Ed.) SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA 2020, 6.
Pratama, A. M. (2020, July 28). https://money.kompas.com/. (Y. Sukmana, Editor, & Kompas.com) Retrieved from https://money.kompas.com/read: https://money.kompas.com/read/2020/07/28/170100126/kadin--sekitar-30-juta-umkm-tutup-karena-pandemi-covid-19
Published
2023-04-30
How to Cite
Nadeak, F. D., Aulena, D. N., & Reksoprodjo, M. R. (2023). DIGITALISASI UMKM UNTUK MENDORONG PENGUATAN DAN PEMULIHAN AKIBAT PANDEMI COVID-19. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(01), 32-37. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2022.003.01.04
Section
Articles