Persepsi Masyarakat Pontianak: Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Aplikasi Mypertamina dan Media Sosial Pertamina Kalimantan Barat

  • Hanif Fariz Ramadhani Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Miranda Istikarani Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Marcha Delaya Laura Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.02.08
Abstract views: 29 | PDF downloads: 16
Keywords: Kuantitatif, Layanan Digital, MyPertamina, Pertaminakalbar, Persepsi Masyarakat Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi masyarakat pontianak dan seberapa besar tingkat kesadaran masyarakat terhadap aplikasi MyPertamina dan media sosial pertaminakalbar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang mana peneliti akan menganalisis hasil data yang telah diperoleh dan disajikan dalam bentuk diagram dan tabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah mengetahui adanya aplikasi MyPertamina, namun hanya sebagian besar dari responden yang menjawab tertarik untuk mengunduh aplikasi tersebut. Maka dari itu, pertamina perlu melakukan lebih banyak promosi, agar masyarakat mengetahui lebih dalam terkait keuntungan dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan sehingga akan mendorong masyarakat untuk mengunduh aplikasi MyPertamina. Selain itu, sebagian besar responden juga telah mengetahui adanya media sosial instagram pertaminakalbar, namun hanya sedikit responden yang menjawab telah mengikuti akun instagram pertaminakalbar. Maka dari itu, penting bagi pihak pertamina Kalimantan Barat, untuk melakukan promosi sekaligus mengevaluasi konten-konten yang disajikan pada akun media sosial tersebut sehingga pihak pertamina Kalimantan Barat dapat memberikan konten-konten yang lebih informatif dan edukatif secara isi dan menarik secara visual.

References

Jurnal
Ali, S. (2023). ANALISIS ISI INSTAGRAM PERTAMINA PERSERO REFINERY UNIT (RU) VI BALONGAN INDRAMAYU DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF MELALUI AKUN@ pertamina_ru6 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG).
Hikmawati, N. K. (2022). Analisis Kualitas Layanan My Pertamina Menggunakan Pendekatan e-GovQual pada Beberapa Kota Percobaan. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 12(2), 100-111.
Julianto, A., Putra, S., Gracia, J., & Limarga, V. (2023). Persepsi Mahasiswa Akuntansi : Bagaimanakah Transformasi Sistem Digital dan Peran Akuntan Berpengaruh di Era 4 . 0. 11(2), 228–234.
Japari, N. D., TN, A. Z., & Djoemadi, F. R. (2019). PERAN PT. PERTAMINA SEBAGAI PENYEDIA PASOKAN BAHAN BAKAR MINYAK DI INDONESIA. CALYPTRA, 7(2), 4154-4163.
Kadir, A. (2006). Transportasi: peran dan dampaknya dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Jurnal perencanaan dan pengembangan wilayah wahana hijau, 1(3), 121-131.
Mustamu, D. D., & Putri, Y. R. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Aplikasi Mypertamina Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bakar Pertamax Di Masyarakat Kota Bandung. eProceedings of Management, 6(2).
Maulana, R., Voutama, A., & Ridwan, T. (2023). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi MyPertamina pada Google Play Store menggunakan Algoritma NBC. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 42-48.
Tangkuman, K., Tewal, B., & Trang, I. (2015). Penilaian kinerja, reward, dan punishment terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (persero) cabang pemasaran suluttenggo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2).
Wulansari, T. R., Rahayu, W. I., & Riza, N. (2019). Aplikasi Pemesanan Bahan Bakar Minyak Melalui Media Whatsapp Menggunakan Algoritma Whatsapp Gateway (Studi Kasus: Pt. Pertamina Patra Niaga). Jurnal Teknik Informatika, 11(2), 01-06.

e-Book
Fatimah, S. (2019). Pengantar transportasi. Myria Publisher. diakses pada 05 Desember 2023, Pukul 17.43 WIB.

Website
www.pertamina.com
Published
2024-02-16
How to Cite
Hanif Fariz Ramadhani, Miranda Istikarani, & Marcha Delaya Laura. (2024). Persepsi Masyarakat Pontianak: Analisis Tingkat Kesadaran Masyarakat Terhadap Aplikasi Mypertamina dan Media Sosial Pertamina Kalimantan Barat. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-66. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.02.08
Section
Articles