Transformasi Digital: Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Mensosialisasikan Proses Digitalisasi Desa Taman Sari

  • Khalida Utami Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Aulia Divka Salsabila Prasetyo Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.03.11
Abstract views: 234 | PDF downloads: 170
Keywords: desa tamansari, transformasi digital, umkm, sosialisasi

Abstract

UMKM telah memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pendapatan daerah dan negara Indonesia. Dalam konteks UMKM, digitalisasi sangat penting untuk menghadapi tantangan dan menggali peluang pasar. Terdapat salah satu desa dengan jumlah kurang lebihnya 200 UMKM, yaitu Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Dalam upaya membantu UMKM Desa Tamansari untuk maju dan berkembang, Universitas Pancasila mengadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Desa Tamansari khususnya dengan target sasaran UMKM melalui pelaksanaan sosialisasi & praktek “Digitalisasi UMKM”. Terdapat 4 UMKM makanan yang diobservasi untuk dibantu menghadapi hambatan yang terjadi. Teknik pengumpulan data untuk merancang sebuah program kerja yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada keempat pelaku UMKM. Kesimpulan dalam laporan pengabdian kepada masyarakat ini menyatakan bahwa keemapt pelaku UMKM sudah beradaptasi dengan transformasi digital yang terjadi, namun perlu dilakukan penyempurnaan dan bimbingan lebih lanjut untuk pengimplementasian yang lebih baik.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adhi. (2022, March 31). Transformasi Digital UMKM Jadi Prioritas Penguatan Fondasi Ekonomi. Kominfo. Diakses pada Sabtu, 16 Desember 2023 pukul 23.00 WIB pada https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256.

Equatora, M. A., & Awi, L. M. (2021). Teknik Pengumpulan Data Klien. Bitread Publishing.

Irianto, H., Viesta, A. Dela, Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana, S., & Hardiyanti, F. Y. (2023). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), 60–64.

Iskandar. (2022a). METODE PENELITIAN DAKWAH. Penerbit Qiara Media.

Iskandar, D. (2022b). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.

Rizkinaswara, L. (2020, September 24). UMKM Pedesaan Harus Bersiap Hadapi Transformasi Digital. Kominfo. Sabtu, 16 Desember 2023 pukul 22.00 WIB pada https://aptika.kominfo.go.id/2020/09/umkm-pedesaan-harus-bersiap-hadapi-transformasi-digital/

Published
2024-02-01
How to Cite
Utami, K., & Prasetyo, A. D. S. (2024). Transformasi Digital: Meningkatkan Daya Saing UMKM dengan Mensosialisasikan Proses Digitalisasi Desa Taman Sari. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 77-83. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.03.11
Section
Articles