Peningkatan Penjualan UMKM Desa Tamansari mengunakan Promosi Digital Marketing

  • Petiana Indriati Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Alya Andhira Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.03.15
Abstract views: 44 | PDF downloads: 37
Keywords: KKN, UMKM, pengembangan pemasaran

Abstract

Pada pelaksanaan hari pertama Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tamansari kami melakukan pengumpulan data terkait UMKM melakukan kegiatan observasi dan wawancara dengan mengidentifikasi masalah setiap UMKM, selanjutnya akan dibagi menjadi beberapa kelompok : untuk melakukan wawancara ke 4 UMKM diantaranya; UMKM Sepatu dan Sandal, UMKM Catering Pawon Fitri, dan UMKM Kembang Goyang. Pada hari kedua, kami melakukan observasi dan wawancara terhadap UMKM Catering Pawon Fitri. Pada hari ketiga kami melakukan program kerja untuk UMKM Catering Pawon Fitri guna meningkatkan promosi di media sosial, seperti membuatkan design logo, design menu, design packaging, serta membuat laman media sosial yang berisikan konten-konten kreatif sebagai sarana untuk membentuk brand image dari UMKM Catering Pawon Fitri. Hal tersebut kami lakukan karena dari observasi dan analisis yang kami lakukan kami menemukan permasalahan pada UMKM tersebut salah satunya pada UMKM ini pemilik hanya memasarkan produknya melalui status WhatsApp, berdasar pada upaya yang kami lakukan besar harapan kami bahwa nantinya melalui platform media sosial yang telah kami sediakan dapat membantu untuk meningkankan penjualan dan memperluas target pasar dengan memanfaatkan digital marketing. Setelah membuat program kerja, saya melaporkan hasil program kerja kepada narasumber pelaku UMKM Catering Pawon Fitri, dan juga memberikan saran agar produk tersebut disebar luaskan melalui aplikasi pengiriman jasa antar seperti Gosend dan Lalamove.

References

Anjarsari , & Siswanto. (2023). Pembuatan Keripik Pisang Bersama Kelompok Wanita Tani Di Desa Dadi Rejo Sebagai Sarana Peluang Bisnis dan Kreativitas Mahasiswa KKN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 24-31.
Budiman, F. A., & dkk. (2023). Merajut Asa Bersama Pasir Eurih. Jakarta.
Chunarto E, & Halimsetiono E. (2020). Laporan Individu kuliah kerja nyata program pemberdayaaan masyarakat tematik (KKN-PPM-TEMATIK) tanggap covid 19 "pemberian edukasi hiperkolesterolemia dan overweight dalampandemi covid 19. jurnal pengabdian masyarakat.
Published
2024-02-01
How to Cite
Indriati, P., & Andhira , A. (2024). Peningkatan Penjualan UMKM Desa Tamansari mengunakan Promosi Digital Marketing. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 97-102. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2023.003.03.15
Section
Articles