Implementasi Digital Marketing Guna Mempromosikan Penjualan Produk Kube Al-Fazza

  • Muhammad Isa Alamsyahbana STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Armansyah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Rahma Silviah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Dwi Agustinah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Khorussalam STIE Pembangunan Tanjungpinang
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.01.01
Abstract views: 14 | Download Pdf downloads: 9
Keywords: Digital Marketing, KUBE, Promosi

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) memiliki pengaruh penting dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan berpotensi untuk mengenalkan produk secara luas. Kube Al – Fazza menjual berbagai kerajinan tangan yang bermanfaat bagi lingkugan dan masyakat dan berlokasi di Desa Sebong Pereh Kabupaten Bintan. Masalah yang dihadapi oleh Kube Al- Fazza ini yaitu masih kurangnya pemasaran produk kerajinan tangan tersebut dan belum adanya promosi produk secara berkala. Tujuan dilakukannya kegiatan ini ialah untuk melakukan digital marketing pada Kube Al – Fazza untuk menambah nilai jual dari produk yang dihasilkannya. Realisasi pemecahan masalah yang dihadapi oleh Kube Al – Fazza adalah dengan membuatkan akun media sosial, dan mempromosikan produk keajinan tangan di media sosial. Metode penyelesaian masalah adalah dengan melakukan pelatihan dan padagaan alat pendukung kepada anggota Kube Al – Fazza mengenai promosi produk secara online. Hasil dari kegiatan ini berupa produk kerajinan tangan sudah dapat dipromosikan di media sosial yang telah dibuat oleh penulis untuk Kube Al – Fazza Ibu Sari dalam rangka menarik minat pembeli.

References

Alamsyahbana, M. I. (2023). Manajemen Keuangan UMKM. In Y. Welly (Ed.), Manajemen UMKM Berkelanjutan (pp. 33–45). Media Sains Indonesia.

Alamsyahbana, M. I., Gizta, A. D., Novrina, P. D., Sarazwati, R. Y., Fauzar, S., Meifari, V., Indriaty, N., Chandra, R. F., Kusumah, S., Santoso, N. K., Fauzi, Nasution, U. O., Saputra, N. C., Shindy, G. T., & Tahir, I. B. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (S. Bahri (ed.)). Media Sains Indonesia.

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Chartady, R., Salihi;, Pardede, R. M., Yanto, M., Mahfuddin, R., & Zulaika, N. (2024). Akuntansi Pariwisata dan Perhotelan (M. I. Alamsyahbana (ed.)). Azka Publishing.

Chartady, R., Satria, H., Hardiansyah, R., Monalisa, D., Taher, I. B., Suranta, J. E., Hendri, A., Keuangan, P. P., & Keuangan, L. (2023). Penerapan Pengelolaan Keuangan Keluarga di Desa Sebong Pereh. Community Development Journal, 4(6), 13177–13180. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23663

Hardiansyah, R., Armansyah, Vartina, W., Larasaty, N., Natasya, Sarimah, & Imansyah, H. (2023). Pengembangan Kemasan dan Media Promosi UKM di Desa Sebong Pereh sebagai Upaya Meningkatkan Brand Loyalty. Community Development Journal, 4(2), 4174–4178. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15799

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Membangun Praktik Digital Marketing Unggul Untuk Peningkatan Pemasaran UMKM Di Kota Jakarta Barat. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(4), 379-390. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i4.149

Mutaqin, E. Z., Saputri, S. L., & Maulida, M. F. (2023). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Digital Marketing Produk Sirup Jahe Kelompok Wanita “Tiara Tani” Di Desa Tanggeran. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2993-3006. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6756

Nusaiba, Z. F. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) Gulamah (Studi Kasus Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Sabtuti, L., & Kristiana, T. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat disekitar Obyek Wisata Taman Nasional Sebangau Kelurahan Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 241-252. https://doi.org/10.37304/jem.v1i3.2570

Sopanah, A., Iswari, H. R., Nurdiyansyah, F., & Sulistyan, R. B. (2023). Eksistensi Dan Peningkatan Kemandirian Ekonomi Sanggar Gong Pro Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1355-1365. https://doi.org/0.46306/jabb.v4i2.656

Sulistyan, R. B. (2021). Peningkatan Kualitas Pegawai melalui Program Autocad : Pendekatan Social Exchange Theory. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 101-105. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4297

Supriadi, I. B. P., & Maharani, I. A. K. (2021). Peran Media Komunikasi dan Efeknya bagi Pengembangan Desa Wisata di Bali. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 6(1), 124–132.

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2112

Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111

Published
2024-04-03
How to Cite
Alamsyahbana, M. I., Armansyah, A., Silviah, R., Agustinah, D., & Khorussalam, K. (2024). Implementasi Digital Marketing Guna Mempromosikan Penjualan Produk Kube Al-Fazza. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.01.01