Sosialisasi Penguatan Organisasi melalui Teknologi Digital pada Generasi Muda
Abstract views: 114 | Pdf downloads: 64
Abstract
Tujuan dari kegiatan sosialisasi teknologi digital pada kelompok generasi muda adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang teknologi digital, yang dapat mereka aplikasikan di organisasi publik maupun swasta. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan sosialisasi dan analisis data menggunaakn pendekatan kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan peserta tentang pemahaman dan pengatahuan tentang teknologi digital. Selain itu, keberhasilan kegiatan sosialisasi teknologi digital juga tercermin dari peningkatan keterampilan praktis peserta dalam menggunakan alat-alat digital yang relevan untuk kebutuhan organisasional. Temuan penting dari kegiatan ini adalah bahwa pendekatan sosialisasi yang melibatkan interaksi langsung dan praktik aplikatif telah terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital generasi muda, mempersiapkan mereka untuk berkontribusi secara aktif dalam transformasi digital di berbagai sektor organisasi, baik publik maupun swasta.
References
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267-298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis dalam Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR : Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam, 8(2), 246-270.
Devaranti, S., Murodi, H. A., & Machrunnisa, M. (2023). Innovation Of Motor Vehicle Tax Services Through Signal App (National Digital Samsat) At UPTD Balaraja Samsat Office Tangerang District. Jurnal Administrasi Negara, 29(2), 127-146. https://doi.org/10.33509/jan.v29i2.2637
Firdaus, I. T., Tursina, M. D., & Roziqin, A. (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemeritahan Indonesia. Kybernan : Jurnal Studi Kepemerintahan, 4(2), 226-239. https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i2.1244
Harianja, N. (2022). Sosialisasi Digital Parenting Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Handphone Di Kelurahan Padangmatinggi. Jurnal Nauli Jurnal Pengabdian kepada Ma, 1(2), 46-53.
Kurniawan, E., Nofriadi, N., & Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31-36. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.542
Mahardhika, D., Cheryanti, G., Salim, K., & Natania, M. (2020). Terorisme Siber Dilingkungan Generasi Millennial Saat Pandemi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 749-757. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.4919
Sopanah, A., Iswari, H. R., Nurdiyansyah, F., & Sulistyan, R. B. (2023). Eksistensi Dan Peningkatan Kemandirian Ekonomi Sanggar Gong Pro Melalui Pelatihan Digital Marketing. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2), 1355-1365. https://doi.org/0.46306/jabb.v4i2.656
Sulistyan, R. B. (2020). Lecturer E-learning Training: The Role of Social Exchange Theory. Empowerment Society, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30741/eps.v3i2.589
Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., & Muttaqien, F. (2023). Application of Digital Marketing in Efforts to Empower Productive Communities and Preserve Banyuwangi Culture. International Journal of Public Devotion, 6(1), 75-82. https://doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4075
Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., Taufik, M., Kasno, K., & Samsuranto, S. (2022). Identification of Human Resources in the Application of SME Technology. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(1), 70-76. https://doi.org/10.30741/wiga.v12i1.799
Tasyah, A., Lestari, P. A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 212-224. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808
Umami, E., & Yusuf, H. (2024). Peran Pendidikan Hukum dalam Mencegah Kejahatan Siber di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1473-1487.
Yandra, R., Mahfudnurnajamuddin, & Suriyanti. (2024). Implementasi Teknologi dalam Manajemen Pemasaran Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Journal of Education Research, 2(4), 2008-2024.
Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111
Copyright (c) 2024 Riza Bahtiar Sulistyan, Eko Afrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.