Peningkatan Literasi Finansial dan Inklusi Ekonomi: Edukasi Pasar Modal bagi Disabilitas

  • Lia Rachmawati Institut Teknologi dan Sains Mandala
  • Hamzah Fansuri Yusuf Institut Teknologi dan Sains Mandala
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.07
Abstract views: 58 | Pdf downloads: 75
Keywords: Edukasi, Disabilitas, Inklusi Ekonomi, Literasi Keuangan, Pasar Modal

Abstract

Kegiatan edukasi pasar modal bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial dan inklusi ekonomi di kalangan penyandang disabilitas, memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berinvestasi secara bijak di pasar modal. Program ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini berhasil meningkatkan literasi finansial dan kepercayaan diri peserta dalam berinvestasi di pasar modal. Materi edukasi yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan kebutuhan peserta, sementara alat bantu yang disediakan efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. Meskipun program ini berhasil, ada beberapa keterbatasan, seperti durasi dan frekuensi sesi yang mungkin belum mencukupi, serta perlunya penyesuaian lebih lanjut pada materi edukasi. Kolaborasi dengan berbagai stakeholder berperan penting dalam kesuksesan program. Edukasi pasar modal bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember berhasil mencapai tujuan utamanya. Untuk perbaikan di masa mendatang, peningkatan durasi sesi, pengembangan materi yang lebih variatif, dan perluasan jangkauan program disarankan untuk memastikan inklusi dan efektivitas yang lebih baik.

References

Brilliant, G. (2024). Perlindungan Hukum Bagi Investor Pasar Modal. Das Sollen: Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 2(2), 1-25.
Hastuti, E. S. (2017). Sukuk Tabungan: Investasi Syariah Pendorong Pembangunan Ekonomi Inklusif. Jurisprudence, 7(2), 114-122. https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v7i2.4096
Muslih, A. K., Taufiki, M. A., & Sujianto, A. E. (2023). Peran Pertumbuhan Pasar Modal Syariah Dalam Peningkatan Perekonomian Indonesia. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(2), 155-166. https://doi.org/10.58192/populer.v2i2.869
Nasution, S. A., Lasmi, A., Silalahi, P. R., & Nasution, A. (2022). Efektivitas Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia (GIS BEI) UINSU Medan Dalam Meningkatkan Literasi Pasar Modal. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(3), 548-559. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.1931
Putri, V. A., & Mandayanti, E. (2021). Perspektif Perkembangan dan Tantangan Pasar Modal di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10904-10908.
Risnawati, H., & Mudiarti, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Untuk Investasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. Jurnal Ekonomi Syariah dan Akuntansi, 3(2), 24-35.
Sugiharti, R. R., Sarfiah, S. N., & Prakoso, J. A. (2021). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Syariah Bagi Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Magelang. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 236-240.
Sulistyan, R. B. (2020). Lecturer E-learning Training: The Role of Social Exchange Theory. Empowerment Society, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30741/eps.v3i2.589
Susanto, E., & Kadek Sirnawati, N. (2023). Perilaku Keuangan Berkelanjutan: Dampak Investasi Sosial dan Lingkungan. Syntax Idea, 5(12), 2604-2619. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i12.2851
Susniwati, S., Agustina, I., Asmala, T., Kurniawati, K., & Surtiani, A. (2024). Character Building Method: An approach to Improve the Discipline for Students in Higher Education. TGO Journal of Community Development, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.56070/jcd.2024.001
Utami, D., Afrida, A., & Marcel, G. S. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Masyarakat Kecamatan Ilir Timur Ii, Kota Palembang. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajua, 6(4), 2189-2194. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10965
Published
2024-07-01
How to Cite
Rachmawati, L., & Yusuf, H. F. (2024). Peningkatan Literasi Finansial dan Inklusi Ekonomi: Edukasi Pasar Modal bagi Disabilitas. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-55. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.07
Section
Articles