Strategi Penetapan Harga dan Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Nasi Box Diet Merah
Abstract views: 92 | Pdf downloads: 66
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk penentuan harga jual nasi box diet merah, dengan teknik perhitungan yang tepat akan menemukan harga yang tepat sehingga dapat meningkatkan profit atau menaikkan pendapatan. Kegiatan pendampingan bertujuan untuk melakukan strategi penetapan harga. Karena menurut tim pengabdi harganya masih terlalu mahal. Setelahdilakukan pendampingan maka kami berusaha meyakinkan bahwa harga yang tepat adalah berkisar antara Rp 20.000 sd Rp 25.000,-. Selain itu kami juga mengecek isian dari pada lauk pauk yang ada didalam nasi box tersebut. Isian lauk pauk sudah memenuhi unsur Gizi yang sehat. Ada empat tahap didalam upaya pendampingan mitra binaan, yaitu tahap Identifikasi Permasalahan, tahap Pendampingan, tahap Evaluasi dan tahap Evaluasi dan umpan balik. Setelah diadakan kegiatan pendampingan. mitra kami menjadi semakin yakin bahwa penetapan harga yang dilkukan sudah sesuai dan bisa mendatangkan keuntungan. Kegiatan PKM telah terlaksana dengan baik serta berjalan lancar. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang menunjukkan mitra mengalami kenaikan pendapatan akibat penghitungan harga jual dan promosi yang tepat.
References
Anwar, C., & Rosdiana, E. (2023). Penyuluhan Kesehatan Tentang Gizi Tumbuh Kembang Pada Anak Di Paud Harsya Ceria Jeulingke Banda Aceh. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kesehatan, 5(1), 69-78. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmk/article/view/2897
Astuti, A., & Muhajirin, M. (2022). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Foodbox. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(2), 492-498. https://doi.org/10.46306/jbbe.v15i2.184
Dekas, R. (2022). Persepsi Konsumen terhadap Rumah Makan Cepat Saji. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 495-507. ttps://doi.org/10.31539/kaganga.v7i2.10766
Fadhli, K., Fitri, F., & Ismail, A. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk pada CV. Karya Apik Group. MARGIN ECO, 6(1), 33-48. https://doi.org/10.32764/margin.v6i1.2569
Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM. CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 1003-1011.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0. Sextante.
Lukiana, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Penguatan Usaha Kecil Berbasis Godong Simbukan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Lumajang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1036-1042. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.5820
Malarangan, H., Salim, M., & Haekal, A. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 75-88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.33.75-88
Mulyati, D. J., & Andayani, S. (2018). Penyuluhan peran ibu dalam implementasi pola hidup bersih dan sehat. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1).
Mustaan, M., & Hamdi, N. (2021). Peranan stretegi marketing guna meningkatkan volume penjualan pada perusahaan master gift box Malang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 319-330. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.696
Nurhadi, N. N. (2019). Manjemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Persepktif Ekonomi Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2). http://doi.org/10.30829/hf.v6i2.4811
Nurwulandari, A. (2023). Pengembangan produk serta kemasan sehat bagi pedagang kuliner kaki lima. Multidisiplin Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 57-64. https://doi.org/10.58471/pkm.v2i02.2754
Rahma, G. S. (2023). Pengembangan Peluang Usaha melalui Pemanfaatan Aplikasi Food Delivery pada UMKM Qutis922. PADMA, 3(2), 80-88.
Ramadani, D. T., Dari, D. W., & Aisah, A. (2020). Daya terima permen jelly buah pedada (sonneratia caseolaris) dengan penambahan karagenan. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 15-24. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.151
Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., & Muttaqien, F. (2023). Application of Digital Marketing in Efforts to Empower Productive Communities and Preserve Banyuwangi Culture. International Journal of Public Devotion, 6(1), 75-82. https://doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4075
Ummah, A. C., Bahrudin, M., & Hilal, S. (2023). Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Pada Minat Beli Produk Makanan. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1113-1119. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3215
Copyright (c) 2024 Tyahya Whisnu Hendratni, Eka Sudarmaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.