Penerapan Inovasi Manajemen Usaha dan Pemasaran Digital pada Wisata Edukasi dan Produk Gerabah
Abstract views: 42 | Pdf downloads: 48
Abstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen usaha dan pemasaran digital pada para pengrajin gerabah serta pengelola wisata edukasi di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Melalui penerapan inovasi manajemen usaha dan strategi pemasaran berbasis digital, program ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha lokal dalam mengoptimalkan potensi pasar melaalui inovasi produk gerabah dengan desain tokoh kartun. Metode yang digunakan mencakup pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, pelatihan inovasi produk gerabah bertema tokoh kartun dan anime, serta pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penerapan manajemen keuangan, pengelolaan usaha, serta kemampuan memasarkan produk melalui platform digital seperti media sosial dan marketplace. Meskipun ada tantangan dalam hal adaptasi teknologi, upaya ini telah membantu meningkatkan daya saing produk gerabah dan memperluas jangkauan pasar. Program ini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan usaha lokal serta mendorong keberlanjutan dalam inovasi pemasaran digital dan manajemen usaha yang lebih efektif.
References
Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.778
Duari, I. H. H. (2021). Pengembangan Desa Wisata Gerabah dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pundong Bantul. Media Wisata, 15(1), 557–561. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.89
Hidayatin, D., Prasaja, M., & Anom, L. (2022). Strategi Penguatan Usaha BUMDesa Melalui Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 137–150.
Martiah, S., & Theodora, B. D. (2024). Pelaku Usaha UMKM Naik Kelas Dengan Pemasaran di Marketplace. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 561–566. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3391
Murtini, M., Safii, A. A., & Anom, L. (2024). Exploring The Relationship Between Entrepreneurial Networking, Entrepreneur Leadership, Innovation capability, and MSMEs Performance. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.005
Rustine, M., & Indriana, I. (2023). Potensi Penggunaan Influencer Virtual Indonesia Bagi Pemasaran Pariwisata Indonesia. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 16–27.
Safii, A. A., Anom, L., & Murtini, M. (2024). Financial technology adoption on MSMEs sustainability: The mediating role of financial literacy and financial inclusion. Journal of Socioeconomics and Development, 7(2), 121–131. https://doi.org/https://doi.org/10.31328/jsed.v7i2.5258
Safii, A. A., Kuntardina, A., & Anom, L. (2023). Analysis of Job Performance from the Perspective of Volunteers for Tourist Village Development. In Budi Setiawan (Ed.), The 1st International Conference of Management and Business (ICoMB 2022) (pp. 3–12). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-160-9_2
Safii, A. A., Rahayu, S., & Anom, L. (2022). Marketing Assistance and Herbal Products Market Expansion of Paguyuban Jamu Gendong Desa Ngablak. Empowerment Society, 5(1), 22–27.
Safii, A. A., Rahayu, S., & Nash’ul Amrina, H. (2023). Community Empowerment Through Ecotourism Development of Grogolan Lake, Ngunut Vilage. Empowerment Society, 6(3). https://doi.org/10.30741/eps.v6i1.956
Copyright (c) 2024 Latifah Anom, Abdul Azis Safii, Susilowati Rahayu, Murtini Murtini, Fatma Nova Dwi Alifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.