Penerapan Inovasi Manajemen Usaha dan Pemasaran Digital pada Wisata Edukasi dan Produk Gerabah

  • Latifah Anom Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Abdul Azis Safii Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Susilowati Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Murtini Murtini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
  • Fatma Nova Dwi Alifah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.03.12
Abstract views: 42 | Pdf downloads: 48
Keywords: Gerabah, Inovasi, Manajemen Usaha, Pemasaran Digital, Wisata Edukasi

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen usaha dan pemasaran digital pada para pengrajin gerabah serta pengelola wisata edukasi di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Melalui penerapan inovasi manajemen usaha dan strategi pemasaran berbasis digital, program ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha lokal dalam mengoptimalkan potensi pasar melaalui inovasi produk gerabah dengan desain tokoh kartun. Metode yang digunakan mencakup pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, pelatihan inovasi produk gerabah bertema tokoh kartun dan anime, serta pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penerapan manajemen keuangan, pengelolaan usaha, serta kemampuan memasarkan produk melalui platform digital seperti media sosial dan marketplace. Meskipun ada tantangan dalam hal adaptasi teknologi, upaya ini telah membantu meningkatkan daya saing produk gerabah dan memperluas jangkauan pasar. Program ini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan usaha lokal serta mendorong keberlanjutan dalam inovasi pemasaran digital dan manajemen usaha yang lebih efektif.

References

Anom, L., Adiputra, E., Murtini, M., Safii, A. A., & Bisri, H. (2023). Product Innovation And Marketing Assistance To Eco Greeen Handcraft MSMEs. TGO Journal of Community Development, 1(2), 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.56070/jcd.2023.007
Anom, L., & Safii, A. A. (2022). Enhancing MSME Performance through Market Sensing Capability, Innovation Capability, and Iconic Ethnic Product Development. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.30741/adv.v6i1.778
Duari, I. H. H. (2021). Pengembangan Desa Wisata Gerabah dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pundong Bantul. Media Wisata, 15(1), 557–561. https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.89
Hidayatin, D., Prasaja, M., & Anom, L. (2022). Strategi Penguatan Usaha BUMDesa Melalui Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 7(2), 137–150.
Martiah, S., & Theodora, B. D. (2024). Pelaku Usaha UMKM Naik Kelas Dengan Pemasaran di Marketplace. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 561–566. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v4i2.3391
Murtini, M., Safii, A. A., & Anom, L. (2024). Exploring The Relationship Between Entrepreneurial Networking, Entrepreneur Leadership, Innovation capability, and MSMEs Performance. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.005
Rustine, M., & Indriana, I. (2023). Potensi Penggunaan Influencer Virtual Indonesia Bagi Pemasaran Pariwisata Indonesia. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 5(2), 16–27.
Safii, A. A., Anom, L., & Murtini, M. (2024). Financial technology adoption on MSMEs sustainability: The mediating role of financial literacy and financial inclusion. Journal of Socioeconomics and Development, 7(2), 121–131. https://doi.org/https://doi.org/10.31328/jsed.v7i2.5258
Safii, A. A., Kuntardina, A., & Anom, L. (2023). Analysis of Job Performance from the Perspective of Volunteers for Tourist Village Development. In Budi Setiawan (Ed.), The 1st International Conference of Management and Business (ICoMB 2022) (pp. 3–12). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-160-9_2
Safii, A. A., Rahayu, S., & Anom, L. (2022). Marketing Assistance and Herbal Products Market Expansion of Paguyuban Jamu Gendong Desa Ngablak. Empowerment Society, 5(1), 22–27.
Safii, A. A., Rahayu, S., & Nash’ul Amrina, H. (2023). Community Empowerment Through Ecotourism Development of Grogolan Lake, Ngunut Vilage. Empowerment Society, 6(3). https://doi.org/10.30741/eps.v6i1.956
Published
2024-12-02
How to Cite
Anom, L., Safii, A. A., Rahayu, S., Murtini, M., & Alifah, F. N. D. (2024). Penerapan Inovasi Manajemen Usaha dan Pemasaran Digital pada Wisata Edukasi dan Produk Gerabah. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 85-92. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.03.12