Workshop Aplikasi Digital untuk Keterampilan Guru Abad 21

  • Devi Rahayu Agustin STKIP PGRI Lumajang
  • Nimas Dian Fitria STKIP PGRI Lumajang
  • Naily Rizqi Amaliyah STKIP PGRI Lumajang
  • Dhiasti Eka Wulandari STKIP PGRI Lumajang
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.002
Abstract views: 24 | Pdf downloads: 9
Keywords: Aplikasi Digital, Keterampilan Guru Abad 21, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju mendorong adanya sistem berbasis teknologi. Danya teknologi menjadi sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Nyatanya tidak semua guru terampil dalam menggunakan aplikasi digital sehingga menyebabkan pembelajaran masih konvensional. Guru juga memiliki keterbatasan dalam mengintegrasi teknologi, dimana guru hanya mengenal penggunaan alat-alat elektronik seperti laptop dan proyektor. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan dilakukan pengabdian adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam mengaplikasikan aplikasi Canva, Slido, dan Kahoot kepada guru. Metode pengabdian yang digunakan diantaranya tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap evalausi. Sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan belajar bersama guru dan dosen adalah ceramah, diskusi, dan praktik. Hasil yang didapat oleh guru dalam mengikuti kegiatan ini berupa penugasan web yang dibuat menggunakan canva dengan beberapa soal yang dibuat menggunakan slido dan Kahoot. Penggunaan aplikasi digital dinilai mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.

References

Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi (Cetakan Pertama). Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Fujiarti, A., & Ariyani, I. D. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kahoot untuk Guru di SDN Cilenggang 02 Kota Tangerang Selatan. Pekodimas, 4(2), 148–154. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas/article/view/42625

Hidayatullah, M. T., Ibrahim, M. I., & Faidz. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. JISMA (Journal Of Information System And Management), 2(6), 70–73. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.785

Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129-141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206-219. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7636

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65-75. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348

Mandarsari, P. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Bagi Para Guru Bahasa Inggris. Communnity Development Journal, 5(4), 8284–8287. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34036

Maulansyah, R. D., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! JISMA (Journal Of Information System And Management), 2(5), 31–35. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.483

Pratama, S., Kurniasi, E. R., & Dewi, J. N. (2023). Pengenalan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang dan Bangun Datar. Communnity Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 217–221. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12137

Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: A systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224-234. https://doi.org/10.29210/1202423960

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65-74. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 411–427.

Sitinjak, N. M., Pratama, E., & Tambunan, J. W. (2023). Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Dengan Menggunakan Marker Based Tracking Berbasis Android. Jurnal Widya, 4(1), 65–76. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl/article/view/165/119

Suprayekti, S. (2011). Integrasi Teknologi kedalam Kurikulum. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 204–209. https://doi.org/10.21009/PIP.242.9

Published
2025-01-08
How to Cite
Agustin, D. R., Fitria, N. D., Amaliyah, N. R., & Wulandari, D. E. (2025). Workshop Aplikasi Digital untuk Keterampilan Guru Abad 21. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 10-19. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.002