Pendampingan Manajemen Operasional serta Keuangan UMKM dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing pada UMKM BestCake Bakery

  • Angelica Al’maliki Saliha Maza Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Zhalva Salsabilla Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Zakia Malika Salsabila Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Septya Ninda Kirani Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Wiyorika Septia Winata Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Najikhul Akbar Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Gelora Habibie Wicaksono Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Devi Febrianti Universitas Muhammadiyah Lamongan
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.004
Abstract views: 73 | Pdf downloads: 26
Keywords: Daya Saing, Digital Marketing, Flowchart, Manajemen Operasional, Pendampingan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sektor ini menyumbang 6,47% dari total PDB Nasional, dengan peran signifikan dari industri makanan dan minuman. Laporan ini merupakan hasil penelitian Interprofesional Education yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kendala operasional yang dihadapi UMKM Best Cake Desa Jetek Sumari, Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik dalam upaya meningkatkan daya saing di pasar bakery. Pendampingan untuk UMKM Best Cake diharapkan mampu meningkatkan kinerja bisnis dalam strategi pengelolaan pemasaran digital melalui media sosial, keputusan merekrut karyawan dengan bantuan gambar alur flowchart, serta pemahaman teori supply dan demand yang dihubungkan dengan perhitungan Harga Pokok Produksi yang kompetitif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan penjualan, keputusan merekrut karyawan yang lebih efisien, dan harga produk yang mampu bersaing dengan pesaing lainnya.

References

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., ... & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702

Banurea, S. R., & Riofita, H. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Juurnal Ekonomi Dinamis, 6(4), 96-109. https://journalpedia.com/1/index.php/jed/article/view/3810/3973

Basri, A. I., Sumiyar, W. P., & Tisya, V. A. (2022). Pemanfaatan Flowchart Untuk Memudahkan Dalam Proses Bisnis Kerjasama Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 34-37. https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1601

Buchori, A. P. (2022). Upaya Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure) pada Praktik Pelayanan di UMKM Capcin Mbanana. Universitas HayamWuruk Perbanas Surabaya.

Cahyawati, A. N. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Umkm Bakery X Kabupaten MALANG. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(2), 113–121.

Dwi, A. (2023, June 21). Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro. https://feb.umsu.ac.id/permintaan-dan-penawaran-dalam-ekonomi-mikro

Humaira, Rahmatillah, S., Nurmasyitah, Nurjannah, R., Usva, E., & Salat, J. (2023). Penggunaan Canva sebagai Alat Desain Grafis dalam Meningkatkan Branding dan Keterlibatan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Literasi Informatika, 2.

Jange, B., Idie, D., Taufan, A., Pattiran, M., & Tindage, J. (2024). Peran Inovasi Teknologi Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Dalam Manajemen Ekonomi: Sebuah Kajian Kritis Literatur. 7(1).

Kementerian Perindustrian. (2024, June 7). Kemenperin Jaring dan Kembangkan IKM Pangan Inovatif melalui Program Indonesia Food Innovation. https://ikm.kemenperin.go.id/kemenperin-jaring-dan-kembangkan-ikm-pangan-inovatif-melalui-program-indonesia-food-innovation-2024

Khesya, N. (2021). Mengenal Flowchart Dan Pseudocode Dalam Algoritma Dan Pemrograman. https://osf.io/preprints/osf/dq45e

Kirana, D. P., Aulia, N. P., & Pradana, T. G. A. (2023). Teori Pemikiran Ekonomi Klasik “The Invisible Hand” dan Relevansinya Pada APBN di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 8(1), 25-32. https://doi.org/10.30996/jeb17.v9i02.6791

Limanseto, H. (2023, August 24). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. https://ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi

Lukihardianti, A. (2024, March 16). Bisnis Bakery Semakin Menjanjikan, Brand kue dan Roti Asal Bandung Ini Bidik Pasar Jakarta. Rejabar. https://rejabar.republika.co.id/berita/sdk40e512/bisnis-bakery-semakin-menjanjikan-brand-kue-dan-roti-asal-bandung-ini-bidik-pasar-jakarta

Marzalina, Haryani, & Sumantri, D. (2024). Elastisitas Demand Dan Supply Barang Terhadap Harga Di Kota Lhokseumawe (Studi Kasus atas Persepsi para Milenial). Jurnal Ekonomika, 16(1), 14–18. https://doi.org/10.51179/eko.v16i1.2594

Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356.

Nursanty, E., Dasilva, T. M., Ambarwati, R., Fatarina, E., & Zhafira, F. I. (2023). Sosialisasi Pengembangan Umkm Untuk Menumbuhkan Potensi Kewirausahaan Di Kelurahan Wonoplumbon Kec Mijen Kota Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3307-3316. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15202

Palguna, I. P. A. W. (2022). Desain Penjenamaan Bali Perancangan Media Promosi Jamu Menkueg.

Pangestika, W. (2023). 5 Cara Menghemat Biaya Produksi Bagi Bisnis UKM. Mekari Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/2018-cara-mudah-menghemat-biaya-produksi-bagi-ukm/

Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248-253. https://doi.org/10.30871/jama.v4i2.2402

Sahabuddin, R., Nathasya, S., Alfina, N., Wulandari, S. T. M., Rizkullah, R. R., & Syarif, M. R. A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(12), 1762–1767. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4433

Samosir, N. E., Siagian, N., Nst, R. R., & Frisnoiry, S. (2023). Pengaruh Permintaan Dan Penawaran Terhadap Perekonomian. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1799-1805.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5

Widiawati, C., & Kusumaningtyas, D. (2021). Pendampingan Usaha Rumahan Menjadi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.149

Published
2025-01-18
How to Cite
Maza, A. A. S., Salsabilla, Z., Salsabila, Z. M., Kirani, S. N., Winata, W. S., Akbar, N., Wicaksono, G. H., & Febrianti, D. (2025). Pendampingan Manajemen Operasional serta Keuangan UMKM dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing pada UMKM BestCake Bakery. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 26-37. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.004