Pendampingan Manajemen Operasional serta Keuangan UMKM dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing pada UMKM BestCake Bakery
Abstract views: 73 | Pdf downloads: 26
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Sektor ini menyumbang 6,47% dari total PDB Nasional, dengan peran signifikan dari industri makanan dan minuman. Laporan ini merupakan hasil penelitian Interprofesional Education yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kendala operasional yang dihadapi UMKM Best Cake Desa Jetek Sumari, Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik dalam upaya meningkatkan daya saing di pasar bakery. Pendampingan untuk UMKM Best Cake diharapkan mampu meningkatkan kinerja bisnis dalam strategi pengelolaan pemasaran digital melalui media sosial, keputusan merekrut karyawan dengan bantuan gambar alur flowchart, serta pemahaman teori supply dan demand yang dihubungkan dengan perhitungan Harga Pokok Produksi yang kompetitif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan penjualan, keputusan merekrut karyawan yang lebih efisien, dan harga produk yang mampu bersaing dengan pesaing lainnya.
References
Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., ... & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702
Banurea, S. R., & Riofita, H. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Juurnal Ekonomi Dinamis, 6(4), 96-109. https://journalpedia.com/1/index.php/jed/article/view/3810/3973
Basri, A. I., Sumiyar, W. P., & Tisya, V. A. (2022). Pemanfaatan Flowchart Untuk Memudahkan Dalam Proses Bisnis Kerjasama Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 34-37. https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1601
Buchori, A. P. (2022). Upaya Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure) pada Praktik Pelayanan di UMKM Capcin Mbanana. Universitas HayamWuruk Perbanas Surabaya.
Cahyawati, A. N. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Umkm Bakery X Kabupaten MALANG. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(2), 113–121.
Dwi, A. (2023, June 21). Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Mikro. https://feb.umsu.ac.id/permintaan-dan-penawaran-dalam-ekonomi-mikro
Humaira, Rahmatillah, S., Nurmasyitah, Nurjannah, R., Usva, E., & Salat, J. (2023). Penggunaan Canva sebagai Alat Desain Grafis dalam Meningkatkan Branding dan Keterlibatan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Literasi Informatika, 2.
Jange, B., Idie, D., Taufan, A., Pattiran, M., & Tindage, J. (2024). Peran Inovasi Teknologi Dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional Dalam Manajemen Ekonomi: Sebuah Kajian Kritis Literatur. 7(1).
Kementerian Perindustrian. (2024, June 7). Kemenperin Jaring dan Kembangkan IKM Pangan Inovatif melalui Program Indonesia Food Innovation. https://ikm.kemenperin.go.id/kemenperin-jaring-dan-kembangkan-ikm-pangan-inovatif-melalui-program-indonesia-food-innovation-2024
Khesya, N. (2021). Mengenal Flowchart Dan Pseudocode Dalam Algoritma Dan Pemrograman. https://osf.io/preprints/osf/dq45e
Kirana, D. P., Aulia, N. P., & Pradana, T. G. A. (2023). Teori Pemikiran Ekonomi Klasik “The Invisible Hand” dan Relevansinya Pada APBN di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 8(1), 25-32. https://doi.org/10.30996/jeb17.v9i02.6791
Limanseto, H. (2023, August 24). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. https://ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi
Lukihardianti, A. (2024, March 16). Bisnis Bakery Semakin Menjanjikan, Brand kue dan Roti Asal Bandung Ini Bidik Pasar Jakarta. Rejabar. https://rejabar.republika.co.id/berita/sdk40e512/bisnis-bakery-semakin-menjanjikan-brand-kue-dan-roti-asal-bandung-ini-bidik-pasar-jakarta
Marzalina, Haryani, & Sumantri, D. (2024). Elastisitas Demand Dan Supply Barang Terhadap Harga Di Kota Lhokseumawe (Studi Kasus atas Persepsi para Milenial). Jurnal Ekonomika, 16(1), 14–18. https://doi.org/10.51179/eko.v16i1.2594
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan teknik foto produk menggunakan smartphone untuk meningkatkan visual branding usaha rintisan. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 347-356.
Nursanty, E., Dasilva, T. M., Ambarwati, R., Fatarina, E., & Zhafira, F. I. (2023). Sosialisasi Pengembangan Umkm Untuk Menumbuhkan Potensi Kewirausahaan Di Kelurahan Wonoplumbon Kec Mijen Kota Semarang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3307-3316. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15202
Palguna, I. P. A. W. (2022). Desain Penjenamaan Bali Perancangan Media Promosi Jamu Menkueg.
Pangestika, W. (2023). 5 Cara Menghemat Biaya Produksi Bagi Bisnis UKM. Mekari Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/2018-cara-mudah-menghemat-biaya-produksi-bagi-ukm/
Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248-253. https://doi.org/10.30871/jama.v4i2.2402
Sahabuddin, R., Nathasya, S., Alfina, N., Wulandari, S. T. M., Rizkullah, R. R., & Syarif, M. R. A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(12), 1762–1767. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4433
Samosir, N. E., Siagian, N., Nst, R. R., & Frisnoiry, S. (2023). Pengaruh Permintaan Dan Penawaran Terhadap Perekonomian. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1799-1805.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner. Journal of New Media and Communication, 1(1), 43–57. https://doi.org/10.55985/jnmc.v1i1.5
Widiawati, C., & Kusumaningtyas, D. (2021). Pendampingan Usaha Rumahan Menjadi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.149
Copyright (c) 2025 Zhalva Salsabilla, Angelica Al’maliki Saliha Maza, Zakia Malika Salsabila, Septya Ninda Kirani, Wiyorika Septia Winata, Najikhul Akbar, Gelora Habibie Wicaksono, Devi Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.