Pelatihan Tata Kelola UMKM dan BUMDes di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi

  • Lola Fitria Sari Universitas Pancasila
  • Syahril Djaddang Universitas Pancasila
  • Harnovinsah Harnovinsah Universitas Pancasila
  • Derriawan Derriawan Universitas Pancasila
  • Widarto Rachbini Universitas Pancasila
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Pancasila
  • Agustinus Miranda Wijaya Universitas Pancasila
  • Nana Nawasiah Universitas Pancasila
  • M. Ardiansyah Syam Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.007
Abstract views: 12 | Pdf downloads: 5
Keywords: UMKM, BUMDes, Tata Kelola, Digital Marketing, Ekonomi Lokal

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan akses permodalan, rendahnya kapasitas sumber daya manusia, kendala pemasaran, infrastruktur yang tidak memadai, kurangnya inovasi produk, serta lemahnya pengelolaan keuangan di sektor UMKM dan BUMDes. Dengan pendekatan multimetode meliputi ceramah, diskusi interaktif, dan workshop berbasis studi kasus, kegiatan ini memberikan pelatihan tata kelola usaha digital, strategi pemasaran digital, dan penggunaan teknologi modern. Hasil kegiatan diharapkan mampu meningkatkan daya saing dan kemandirian UMKM serta BUMDes melalui implementasi strategi berbasis digital marketing. Luaran kegiatan ini mencakup publikasi ilmiah untuk mendokumentasikan proses dan capaian, sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan serta praktik pemberdayaan masyarakat. Program ini diharapkan menciptakan dampak berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Kecamatan Surade dan sekitarnya.

References

Irwanto, I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa yang Berbudaya Dalam Meningkatkan Pendidikan menuju Kabupaten Serang yang Unggul. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 44-58. https://doi.org/10.30605/atjpm.v3i1.1460

Kaukab, M. E., & Aryanto, V. D. W. (2020). Foreign direct investment and the performance of Indonesian marketplace e-commerce corporation: an application of network, ownership, location, and internationalisation framework. Malaysian Management Journal, 24, 219-236. https://doi.org/10.32890/mmj.24.2020.11089‬

Mistriani, N., & Putra, D. T. (2023). Pemberdayaan Masyarakat berbasis Pemasaran Digital: Paket Wisata Terintegrasi di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(3), 2501-2507. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1354

Ramin, M. (2023). Kolaborasi Perguruan Tinggi Dan Masyarakat Dalam Peningkatan Ekonomi Lokal Di Desa Pangereman Pamekasan. Jurnal Ngejha, 2(2), 272-284.

Rijal, S., Azis, A. A., Chusumastuti, D., Susanto, E., & Nirawana, I. W. S. (2023). Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Masyarakat. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 156-170. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.123

Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., & Muttaqien, F. (2023). Application of Digital Marketing in Efforts to Empower Productive Communities and Preserve Banyuwangi Culture. International Journal of Public Devotion, 6(1), 75-82. https://doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4075

Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111

Published
2025-01-29
How to Cite
Sari, L. F., Djaddang, S., Harnovinsah, H., Derriawan, D., Rachbini, W., Darmansyah, D., Wijaya, A. M., Nawasiah, N., & Syam, M. A. (2025). Pelatihan Tata Kelola UMKM dan BUMDes di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 57-64. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.007