Pendampingan UMKM Arjuna Bakery dalam Rangka Memperluas Segmentasi Pasar serta Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan di Era Digitalisasi

  • Andi Putra Utama Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Dewi Arimbi Tri Jaya Putri Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • M. Dovan Yulian Agasta Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Sofi Alya Farisa Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Nimas Ayunda Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rifqi Ahmad Sandi Naskhi Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Naza Rahma Fajriyah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Devi Febrianti Universitas Muhammadiyah Lamongan
DOI: https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.006
Abstract views: 0 | Pdf downloads: 0
Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran Digital, Pembukuan

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh UMKM Arjuna Bakery serta mengidentifikasi kendala-kendala operasional yang dialami oleh usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis data. Hasil dari pengabdian ini mengungkapkan bahwa Arjuna Bakery memiliki keunggulan berupa tekstur produk yang lembut dan bahan baku yang berkualitas. Namun, usaha ini juga menghadapi beberapa kendala, terutama terkait pembukuan, pemasaran digital, dan manajemen sumber daya manusia. Untuk mengatasi permasalahan ini, disarankan agar Arjuna Bakery mengimplementasikan sistem pembukuan digital yang lebih efisien, memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan jangkauan pasar, serta menyusun standar operasional prosedur (SOP) dalam manajemen sumber daya manusia. Salah satu temuan penting dari pengabdian ini adalah pentingnya pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk memperluas cakupan konsumen.

References

Ditta, A. S. A., & Candrani, A. D. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana dan Implementasi Point of Sales Pada UMKM Kota Madiun. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 36-46.

Humas Tel-U Surabaya. (2024, October 30). Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran Produk di Era Digital. Universitas Telkom Surabaya.

Malik, A., Djaganata, A. Y., Kurniawan, N. E., & Oktavia, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7155-7169.

Novitasari, A. T. (2020, July). UMKM Pilar Dalam Perekonomian. In Seminar Nasional And Prociding Dengan Tema Implementing Education And Economic Standart Throughout Asean Nations (Vol. 2, pp. 1-4). UNINDRA.

Pancawati, N. L. P. A. (2022). Total Quality Management Dan Biaya Mutu: Meningkatkan Daya Saing Melalui Kualitas Produk. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2), 185-194. https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i2.1674

Priskilla, B. Y., Jurusan, S., & Pembangunan, E. (2022). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Systematic Literature Review. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 1(1), 25-39. https://jureka.fekonubt.net/index.php/jureka/article/view/21

Regina, T. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempenggaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Kompleksitas, 11(1), 36-45.

Sahabuddin, R., Nathasya, S., Alfina, N., Wulandari, S. T. M., Rizkullah, R. R. A., & Syarif, M. R. A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(12), 1762-1767. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4433

Sulistyan, R. B., & Afrianto, E. (2024). Sosialisasi Penguatan Organisasi melalui Teknologi Digital pada Generasi Muda. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.06

Yahya, D. R., Mildawati, T., Syahrenny, N., & Sari, J. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana Dan Strategi Pemasaran Pada Umknesia Di Surabaya. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(1), 13-17.

Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111

Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147

Yuniarti, P., Wianti, W., & Nurgaheni, N. E. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(3), 169-176. https://doi.org/10.36407/serambi.v2i3.207

Published
2025-01-22
How to Cite
Utama, A. P., Putri, D. A. T. J., Agasta, M. D. Y., Farisa, S. A., Ayunda, N., Naskhi, R. A. S., Fajriyah, N. R., & Febrianti, D. (2025). Pendampingan UMKM Arjuna Bakery dalam Rangka Memperluas Segmentasi Pasar serta Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan di Era Digitalisasi. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45-56. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2025.006