Pendampingan UMKM Arjuna Bakery dalam Rangka Memperluas Segmentasi Pasar serta Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan di Era Digitalisasi
Abstract views: 0 | Pdf downloads: 0
Abstract
Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh UMKM Arjuna Bakery serta mengidentifikasi kendala-kendala operasional yang dialami oleh usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis data. Hasil dari pengabdian ini mengungkapkan bahwa Arjuna Bakery memiliki keunggulan berupa tekstur produk yang lembut dan bahan baku yang berkualitas. Namun, usaha ini juga menghadapi beberapa kendala, terutama terkait pembukuan, pemasaran digital, dan manajemen sumber daya manusia. Untuk mengatasi permasalahan ini, disarankan agar Arjuna Bakery mengimplementasikan sistem pembukuan digital yang lebih efisien, memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan jangkauan pasar, serta menyusun standar operasional prosedur (SOP) dalam manajemen sumber daya manusia. Salah satu temuan penting dari pengabdian ini adalah pentingnya pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana pemasaran yang efektif untuk memperluas cakupan konsumen.
References
Ditta, A. S. A., & Candrani, A. D. (2023). Pelatihan Pembukuan Sederhana dan Implementasi Point of Sales Pada UMKM Kota Madiun. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 36-46.
Humas Tel-U Surabaya. (2024, October 30). Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran Produk di Era Digital. Universitas Telkom Surabaya.
Malik, A., Djaganata, A. Y., Kurniawan, N. E., & Oktavia, Y. (2024). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7155-7169.
Novitasari, A. T. (2020, July). UMKM Pilar Dalam Perekonomian. In Seminar Nasional And Prociding Dengan Tema Implementing Education And Economic Standart Throughout Asean Nations (Vol. 2, pp. 1-4). UNINDRA.
Pancawati, N. L. P. A. (2022). Total Quality Management Dan Biaya Mutu: Meningkatkan Daya Saing Melalui Kualitas Produk. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(2), 185-194. https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i2.1674
Priskilla, B. Y., Jurusan, S., & Pembangunan, E. (2022). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Systematic Literature Review. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 1(1), 25-39. https://jureka.fekonubt.net/index.php/jureka/article/view/21
Regina, T. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempenggaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Kompleksitas, 11(1), 36-45.
Sahabuddin, R., Nathasya, S., Alfina, N., Wulandari, S. T. M., Rizkullah, R. R. A., & Syarif, M. R. A. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Roti F4 Bakery. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(12), 1762-1767. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4433
Sulistyan, R. B., & Afrianto, E. (2024). Sosialisasi Penguatan Organisasi melalui Teknologi Digital pada Generasi Muda. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.06
Yahya, D. R., Mildawati, T., Syahrenny, N., & Sari, J. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembukuan Sederhana Dan Strategi Pemasaran Pada Umknesia Di Surabaya. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 2(1), 13-17.
Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111
Yolanda, C. (2024). Peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam pengembangan ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170-186. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147
Yuniarti, P., Wianti, W., & Nurgaheni, N. E. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 2(3), 169-176. https://doi.org/10.36407/serambi.v2i3.207
Copyright (c) 2025 Andi Putra Utama, Dewi Arimbi Tri Jaya Putri, M. Dovan Yulian Agasta, Sofi Alya Farisa, Nimas Ayunda, Rifqi Ahmad Sandi Naskhi, Naza Rahma Fajriyah, Devi Febrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.