Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/CAPACITAREA <p>Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (E-ISSN <span style="color: rgba(0, 0, 0, 0.87); font-family: Sunflower, helvetica, calibri; font-size: 14px; font-style: normal; font-variant-ligatures: normal; font-variant-caps: normal; font-weight: 400; letter-spacing: normal; orphans: 2; text-align: start; text-indent: 0px; text-transform: none; widows: 2; word-spacing: 0px; -webkit-text-stroke-width: 0px; white-space: normal; background-color: #ffffff; text-decoration-thickness: initial; text-decoration-style: initial; text-decoration-color: initial; display: inline !important; float: none;">2776-3358</span>) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup jurnal ini antara lain pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG), kesehatan, pemasaran, keamanan pangan lokal, desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pengabdian tersebut disusun dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini menerbitkan artikel empat bulanan dalam satu tahun yaitu pada bulan Januari - April, Mei - Agustus, dan September - Desember. Kontributor dalam jurnal ini merupakan peneliti maupun praktisi, dosen, dan mahasiswa baik dari perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri.</p> en-US nurmala.ahmar@univpancasila.ac.id (Nurmala Ahmar) capacitarea.jpkm@univpancasila.ac.id (Admin) Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Sosialisasi Penguatan Organisasi melalui Teknologi Digital pada Generasi Muda https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/CAPACITAREA/article/view/6963 <p>Tujuan dari kegiatan sosialisasi teknologi digital pada kelompok generasi muda adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang teknologi digital, yang dapat mereka aplikasikan di organisasi publik maupun swasta. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan sosialisasi dan analisis data menggunaakn pendekatan kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan peserta tentang pemahaman dan pengatahuan tentang teknologi digital. Selain itu, keberhasilan kegiatan sosialisasi teknologi digital juga tercermin dari peningkatan keterampilan praktis peserta dalam menggunakan alat-alat digital yang relevan untuk kebutuhan organisasional. Temuan penting dari kegiatan ini adalah bahwa pendekatan sosialisasi yang melibatkan interaksi langsung dan praktik aplikatif telah terbukti efektif dalam meningkatkan literasi digital generasi muda, mempersiapkan mereka untuk berkontribusi secara aktif dalam transformasi digital di berbagai sektor organisasi, baik publik maupun swasta.</p> Riza Bahtiar Sulistyan, Eko Afrianto Copyright (c) 2024 Riza Bahtiar Sulistyan, Eko Afrianti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/CAPACITAREA/article/view/6963 Wed, 26 Jun 2024 03:56:29 +0000 Peningkatan Literasi Finansial dan Inklusi Ekonomi: Edukasi Pasar Modal bagi Disabilitas https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/CAPACITAREA/article/view/7002 <p>Kegiatan edukasi pasar modal bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial dan inklusi ekonomi di kalangan penyandang disabilitas, memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berinvestasi secara bijak di pasar modal. Program ini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program ini berhasil meningkatkan literasi finansial dan kepercayaan diri peserta dalam berinvestasi di pasar modal. Materi edukasi yang disampaikan mudah dipahami dan relevan dengan kebutuhan peserta, sementara alat bantu yang disediakan efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. Meskipun program ini berhasil, ada beberapa keterbatasan, seperti durasi dan frekuensi sesi yang mungkin belum mencukupi, serta perlunya penyesuaian lebih lanjut pada materi edukasi. Kolaborasi dengan berbagai stakeholder berperan penting dalam kesuksesan program. Edukasi pasar modal bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember berhasil mencapai tujuan utamanya. Untuk perbaikan di masa mendatang, peningkatan durasi sesi, pengembangan materi yang lebih variatif, dan perluasan jangkauan program disarankan untuk memastikan inklusi dan efektivitas yang lebih baik.</p> Lia Rachmawati, Hamzah Fansuri Yusuf Copyright (c) 2024 Lia Rachmawati, Hamzah Fansuri Yusuf https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/CAPACITAREA/article/view/7002 Mon, 01 Jul 2024 00:00:00 +0000