ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN JALAN NASIONAL LINTAS PANTURA JAWA KORIDOR MERAK-DKI

  • Diyanti Diyanti Universitas Gunadarma
DOI: https://doi.org/10.35814/janata.v3i1.5071
Abstract views: 133 | pdf downloads: 215
Keywords: kepuasan pelayanan, CSI, jalan nasional, pantura jawa

Abstract

Kepuasan pelayanan pengguna jalan nasional merupakan hal yang sangat penting guna mengetahui kepuasan pengguna jalan nasional. Evaluasi ini dilakukan dengan cara melakukan survei terhadap prasarana dan sarana serta biaya operasional yang dikeluarkan. Tujuan dari kegiatan ini melakukan pendampingan terhadap proses survei dan analisis data hasil survei. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat, yaitu sepanjang Ruas Jalan Nasional Lintas Pantai Utara Jawa Dengan Koridor Merak sampai dengan batas DKI Jakarta. Metodologi tahapan kegiatan Evaluasi Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Jalan Nasional disusun berdasarkan penjabaran dari kerangka berpikir kegiatan. Metode pada penelitian kuantitatif selanjutnya dilakukan penyusunan metodologi Kualitas Pelayanan Jalan Nasional. Hasil dari penelitian ini yaitu Indikator pelayanan di Lintas Pantura Jawa dengan nilai CSI tertinggi (mutu pelayanan baik/sangat baik) diatranya tingkat keamanan di jalan = 0,80, konsumsi BBM = 0,78, tingkat keawetan ban = 0,77, ketersediaan informasi lokasi rawan kecelakaan = 0,77, tingkat keawetan suku cadang lain = 0,77. Indikator pelayanan dengan nilai CSI terendah (mutu pelayanan kurang baik/tidak baik) yaitu lama respon perbaikan kerusakan jalan = 0,62, pengendalian hambatan samping = 0,71, lama respon perbaikan marka jalan hilang/kabur = 0,71, lama respon pemasangan rambu sementara pada lokasi jalan rusak = 0,72,  respon time penanganan lokasi ambles atau longsor = 0,73. indikator prasarana di lintas pantura jawa dengan nilai csi tertinggi (mutu pelayanan baik/sangat baik) yaitu rel pengaman = 0,78, lampu lalu lintas = 0,78,  akses persil = 0,77, rambu jalan = 0,77, tanjakan/turunan = 0,76. indikator prasarana dengan nilai CSI terendah (mutu pelayanan kurang baik/tidak baik) yaitu lingkungan jalan = 0,69, penyeberangan = 0,69, halte = 0,70, penerangan jalan = 0,70; (5) perkerasan jalan = 0,71.

Published
2023-06-30
How to Cite
Diyanti, D. (2023). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN JALAN NASIONAL LINTAS PANTURA JAWA KORIDOR MERAK-DKI . Jurnal JANATA, 3(1), 20-29. https://doi.org/10.35814/janata.v3i1.5071
Section
Articles