PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGUATAN TEACHING FACTORY (SMK NU BODEH, PEMALANG)

  • Prima Jiwa Osly Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila
  • Wita Meutia Universitas Pancasila
  • Nia Rachmawati Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/janata.v4i1.6974
Abstract views: 49 | pdf downloads: 92
Keywords: NU Bodeh, Teaching Factory, PjBL

Abstract

SMK Nu Bodeh bersiap dalam menciptakan lulusan SMK terampil yang siap bersaing di dunia industri. Metode Project-based Learning (PjBL) dan konsep teaching factory telah diidentifikasi sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan. Namun, implementasi kedua pendekatan ini di SMK masih menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengaplikasikan PjBL dan teaching factory. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada guru SMK mengenai PjBL untuk memperkuat teaching factory. Hasil diskusi dalam penyuluhan menunjukkan bahwa penyuluhan memberikan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terkait PjBL dan teaching factory. Selain itu, penyuluhan juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru SMK Nu Bodeh dalam menerapkan metode pembelajaran ini.

Published
2024-06-30
How to Cite
Jiwa Osly, P., Meutia, W., & Rachmawati, N. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGUATAN TEACHING FACTORY (SMK NU BODEH, PEMALANG) . Jurnal JANATA, 4(1), 38-42. https://doi.org/10.35814/janata.v4i1.6974
Section
Articles