JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP <p><strong style="text-align: justify;">JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila</strong><span style="text-align: justify;"> adalah salah satu jurnal publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen manajemen Strata 1 yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. Publikasi jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu pada bulan Maret dan bulan September yang memuat artikel atau naskah berupa hasil penelitian, karya ilmiah maupun studi kasus. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan menyalurkan minat untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teori dan praktek kepada mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang manajemen. Lingkup penelitian manajemen yang dimuat dalam JIMP meliputi:</span></p> <ol> <li class="show">Manajemen Keuangan,</li> <li class="show">Manajemen Operasional,</li> <li class="show">Manajemen Pemasaran,</li> <li class="show">Manajemen Sumber Daya Manusia, dan</li> <li class="show">Kewirausahaan.</li> </ol> <p style="text-align: justify;">&nbsp;</p> en-US amel.damay@univpancasila.ac.id (Ameilia Damayanti, SE., M.Ak) jimp@univpancasila.ac.id (Muhammad Ariq Setyo Adi, SH) Wed, 26 Mar 2025 01:25:24 +0000 OJS 3.1.2.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Keputusan Pembelian Pada Mayesa Clinic Jakarta Ditinjau Dari Strategi Promosi Melalui Influencer, Promosi Word Of Mouth, Dan Monthly Promo https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/6558 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi promosi melalui <em>Influencer, Word of Mouth, Monthly Promo</em>&nbsp;terhadap Keputusan Pembelian. Objek dalam penelitian ini dilakukan pada konsumen yang pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan Mayesa Clinic Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>Purposive Sampling</em>&nbsp;dengan jumlah sampel yang diuji sebanyak 126 responden konsumen Mayesa Clinic Jakarta. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui<em>&nbsp;Google Form</em>&nbsp;pada konsumen Mayesa Clinic Jakarta. Dan pengolahan data menggunakan IBM SPSS 25.0 Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi Promosi <em>Influencer, Word of Mouth</em>, dan <em>Monthly Promo</em>&nbsp;berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dengan kata lain strategi promosi sesuai dengan kualitas pelayanan serta pilihan <em>treatment</em>&nbsp;terkini yang disediakan dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian terhadap Mayesa Cllinc Jakarta. Strategi promosi melalui <em>Influencer, Word of Mouth</em>&nbsp;dan <em>Monthly Promo </em>memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Dengan kata lain semakin baik strategi promosi yang digunakan maka dapat meningkatkan keputusan pembelian.</p> nurhamdina, Supriadi Thalib, Tyahya Whisnu Hendratni Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/6558 Fri, 14 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Harga, Keamanan, Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Pada Keputusan Penggunaan Layanan J&T Express Di Kota Jambi https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8141 <p><em>This study used a random probability sampling technique to determine how customer decisions about J&amp;T Express delivery services in Jambi City are influenced by pricing, security, and the promptness of product delivery. Data for this study, which employs quantitative methods, was gathered using a questionnaire. One hundred respondents from Jambi City who had utilized delivery services and analyzed their data using the SPSS software made up the research sample. The study's findings demonstrated that (1) Price had a positive and significant influence, with a significant value of 0.023. (2) Security had a favorable but not statistically significant impact on the decision to employ J&amp;T Express delivery services in Jambi City, as indicated by its significance value of 0.617. (3) A significant value of 0.000 was achieved for the timeliness variable. Timeliness plays a major role in the decision to employ J&amp;T Express services in Jambi City, and it has a positive impact. Price and timeliness are the most important factors when choosing to use J&amp;T Express delivery services in Jambi City, according to data collected for this study.</em></p> Irfan Hassandi, Mira Gustiana Pangestu, Yosi Fadillah, Yossinomita Yossinomita, Desy Ratna Wijaya, Ivan Cristhian Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8141 Fri, 14 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Current Ratio, Debt To Asset Ratio, Dan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Makanan Minuman Periode 2020-2023 https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8459 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>current ratio</em>, <em>Debt to Asset Ratio </em>(DAR), dan <em>Return On Asset </em>(ROA) terhadap nilai perusahaan pada sub sektor perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini berjumlah 25 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2020-2023. Pengambilan sampel dengan Teknik <em>purposive sampling </em>menghasilkan jumlah sampel 8 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Eviews 12 dan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara parsial variabel <em>Current Ratio </em>dan <em>Debt To Asset Ratio </em>(DAR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan. Variabel <em>Return On Asset </em>(ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel <em>Current Ratio</em>, <em>Debt to Asset Ratio </em>(DAR), dan <em>Return On Asset </em>(ROA) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.</p> Vanessa Novelia Untarno, Irma Sari Permata, Tia Ichwani Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8459 Mon, 17 Mar 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. ZAF International https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8494 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Responden dalam penelitian ini menggunakan karyawan PT. ZAF International. Metoda pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel yang diuji sebanyak 45 responden. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui <em>Google Form </em>pada karyawan PT. ZAF International. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, Disiplin Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan, namun Stres Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. Dan secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Stres Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Stres Kerja, dan Kinerja Karyawan</p> <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>This research aims to determine the influence of work motivation, work discipline and work stress on employee performance. Respondents in this study used employees of PT. ZAF International. The sampling method used was a saturated sample with a total of 45 respondents tested. The data collection instrument uses a questionnaire distributed via Google Form to PT employees. ZAF International. The analysis method uses multiple linear regression analysis, classical assumption testing, hypothesis testing, and data processing using SPSS 25. Based on partial research results, it shows that work motivation has an effect on employee performance, work discipline has an effect on employee performance, but work stress has no effect on performance. Employee. Employee. And simultaneously the research results show that the variables Work Motivation, Work Discipline and Work Stress influence employee performance.</em></p> <p><em>&nbsp;</em><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Work Motivation, Work Discipline, Work Stress, and Employee Performance</em></p> Ummi Nabila, Dian Riskarini, Dewi Kurniawati Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8494 Thu, 20 Mar 2025 04:26:34 +0000 Analisis Pengaruh Work-Life Balance Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Bank Syariah Indonesia Kantor Area Saharjo – Jakarta Selatan https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8357 <p><em>This research aims to determine the influence of Work-Life Balance and Work Motivation on Employee Performance at PT Bank Syariah Indonesia, Saharjo Area Office. Respondents in this study used employees of PT Bank Syariah Indonesia, Saharjo Area Office. The sampling method used was calculated using the Slovin formula with a total of 80 respondents tested. The analysis method uses multiple linear regression analysis, classical assumption testing, hypothesis testing, and data processing using SPSS 25. The results of this research show that Work-Life Balance has a significant effect on Employee Performance, Work Motivation has a significant effect on employee performance. Thus, this research concludes that Work-Life Balance and Work Motivation simultaneously influence employee performance at PT Bank Syariah Indonesia, Saharjo Area Office.</em> <em>This research can be used as a study for PT Bank Syariah Indonesia Saharjo Area in improving employee quality and employee performance. </em></p> Azzahra Nasyatra Sulindra, Dewi Kurniawati, Indra Ade Irawan Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8357 Thu, 20 Mar 2025 05:01:57 +0000 Hubungan Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Puskesmas Kecamatan Wilayah Jakarta Pusat Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8496 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Kinerja karyawan yang optimal diperlukan untuk menunjang fungsi ini, dengan motivasi kerja dan kepuasan kerja sebagai faktor yang berkontribusi signifikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di Puskesmas Kecamatan Jakarta Pusat. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan <em>cross-sectional</em>. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada responden dengan jumlah sampel 294 responden. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi kerja dan kinerja karyawan, serta antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Secara simultan, motivasi kerja dan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.</p> <p><strong>Kata Kunci: motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawan, Puskesmas, Jakarta Pusat</strong></p> <p>&nbsp;</p> sutan jiyad permana, Tia Ichwani, Indra Ade Irawan Copyright (c) 2025 JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/8496 Mon, 24 Mar 2025 06:56:57 +0000