TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE TERHADAP KONSUMEN
Abstract
Seiring dan sejalan dengan perkembangan globalisasi, dunia perdagangan dan dunia bisnis juga ikut berkembang. Dalam perkembangan yang paling mutakhir, muncul sebuah model transaksi bisnis yang
sangat inovatif dan mengikuti kemajuan teknologi tinggi di bidang media komunikasi dan informasi. Dalam bidang perdagangan adanya teknologi internet memungkinkan transaksi bisnis tidak hanya dilakukan secara langsung, media internet sendiri banyak dimanfaatkan sebagai media aktivitas bisnis. Teknologi informasi saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, masyarakat mengenal dan merasakan langsung manfaat dari perkembangan teknologi informasi pada kehidupannya. Beberapa perusahaan melihat peluang yang besar dalam hal efisiensi transportasi yang digunakan dalam dunia perdagangan, sehingga muncul perusahaan transportasi berbasis aplikasi online. Dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, konsumen mendownload aplikasi yang disediakan oleh perusahaan penyedia aplikasi online. Permasalahan dalam tesis ini mengenai manfaat transportasi online, keamanan data pengguna tansportasi online dan tanggung jawab perusahaan berbasis aplikasi online terhadap konsumen. Dalam penulisan tesis ini menggunakan metode penulisan normatif (kepustakaan), penelitian menekankan pada penggunaan data sekunder dengan mempelajari dan mengkaji norma-norma hukum, yaitu kaidah-kaidah hukum positif yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu tanggung jawab perusahaan kepada kosumen pengguna jasa transportasi online. Dari segi pelaku penyedia barang/jasa harus tunduk kepada kewajiban pelaku usaha sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan dalam hal transportasi online penulis menggunakan Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Perusahaan jasa aplikasi transportasi online harus memberikan keamanan dan kenyamanan konsumen pengguna aplikasi jasa transportasi online, sebagai cerminan tanggung jawab sosial untuk memberikan rasa aman terhadap konsumen pengguna jasa transportasi online. Kesimpulan dalam penulisan tesis ini perusahaan aplikasi online bertanggungjawab kepada konsumen, karena konsumen sebagai pengguna jasa transportasi online membutuhkan rasa aman dan kenyamanan dalam menggunakan jasa transportasi online. Perusahaan penyedia aplikasi transportasi online, harus memperhatikan norma-norma moral
dan etika dalam menjalankan bisnisnya. Memberikan keamanan data konsumen pengguna aplikasi jasa transportasi online, sebagai cerminan tanggung jawab sosial untuk memberikan rasa aman terhadap konsumen pengguna jasa transportasi online.