Menghitung Angka: Mengoptimalkan Margin Keuntungan melalui Strategi HPP dan Harga Jual

  • eka sudarmaji university of Pancasila
  • Nana Nawasiah
  • Tyahya Whisnu Hendratni
  • Shinta Budi Astuti
  • Aulia Keiko
  • Trisnani Indriati
DOI: https://doi.org/10.35814/suluh.v5i2.4858
Abstract views: 44 | PDF downloads: 30
Keywords: Kuliner, Harga Jual, Harga Pokok Penjualan, Packaging

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk penentuan harga jual nasi box, karena dengan teknik perhitungan untuk menemukan harga yang tepat dapat meningkatkan profit. Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Ada 3 komponen dalam biaya produksi yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Biaya bahan baku, dibagi menjadi dua yaitu biaya bahan baku langsung dan biaya bahan baku tidak langsung. Yang dimasukkan dalam kategori biaya bahan baku adalah biaya atas bahan yang digunakan untuk menghasilkan produk jadi dan secara fisik menjadi bagian dari produk jadi tersebut. Biaya tenaga kerja langsung adalah biaya yang dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja langsung yang bersentuhan langsung dalam proses produksi. Pelaksanaan pengabdian pada mitra selama periode waktu pengabdian dapat dilakukan dengan baik, dan tim pengabdian membantu dalam Menyusun format untuk pencatatan harga pokok produk dan nantinya akan digunakan untuk penentuan harga.

Published
2024-02-19
How to Cite
sudarmaji, eka, Nawasiah, N., Whisnu Hendratni, T., Budi Astuti, S., Keiko, A., & Indriati, T. (2024). Menghitung Angka: Mengoptimalkan Margin Keuntungan melalui Strategi HPP dan Harga Jual . SULUH: Jurnal Abdimas, 5(2), 261-268. https://doi.org/10.35814/suluh.v5i2.4858