Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar Sistem Informasi Simulasi Online Akreditasi (SISONI) dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0)

  • Silverius Yoseph Soeharso Fakultas Psikologi Universitas Pancasila
  • Aisyah Aisyah Fakultas Psikologi, Universitas Pancasila
  • Yusuf Hadi Yudha Fakultas Psikologi, Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/abdi.v2i1.3291
Abstract views: 242 | PDF downloads: 237
Keywords: IAPS 4.0, Akreditasi 9 Standar, SISONI, Pengabdian kepada Masyarakat

Abstract

Saat ini, penyusunan borang akreditasi diwajibkan menggunakan instrumen terbaru yang telah disediakan oleh Badan Akreditasi Nasional yang juga dikenal dengan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS4.0). Instrumen ini menggunakan 9 standar atau kriteria. Instrumen akreditasi yang digunakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Pancasila dibuat khusus oleh tim, dan sesuai dengan 9 standar  yang disebut sebagai Sistem Informasi Simulasi Online Akreditasi (SISONI). SISONI  merupakan perangkat lunak yang bisa memuat business process cycle. Pemanfaatan instrumen perangkat lunak ini dapat menunjang proses akreditasi fakultas, sehingga  dapat menjadi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan adanya instrumen SISONI ini dapat membuat proses persiapan akreditasi menjadi lebih efektif karena dapat digunakan kapanpun dan dimanapun oleh tim pengumpul data. Simulasi penggunaan instrumen SISONI telah dilakukan dan terlihat bahwa perangkat lunak ini dapat mendukung IAPS 4.0 yang terdiri atas 9 standar. Sampai saat ini sistem perangkat lunak ini telah dikembangkan mencapai 100% dan telah diinstal atau diimplementasikan untuk mendukung IAPS4.0 dan juga dapat mensimulasikan evaluasi capaian kinerja program studi saat ini.

Published
2022-05-29
How to Cite
Soeharso, S. Y., Aisyah, A., & Yudha, Y. H. (2022). Pemanfaatan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akreditasi Program Studi dengan 9-Standar Sistem Informasi Simulasi Online Akreditasi (SISONI) dalam Penyusunan Dokumen Akreditasi Berdasarkan Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0). Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-27. https://doi.org/10.35814/abdi.v2i1.3291
Section
Articles