Metode Stop Think Do Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Melalui Aplikasi Kahoot
Abstract views: 190 | PDF downloads: 108
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini masih terbilang konvensional dikarenakan pembelajaran masih tersentralisasi pada guru. Hal inilah yang menjadi penghambat bagi siswa untuk bisa berasumsi secara responsif dan tidak adanya kebebasan bagi siswa untuk menyalurkan pemikirannya. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penerapan metode STD terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi “Kerjasama Ekonomi Internasional”. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen serta pre-experimental design. Subjek pada riset yaitu siswa kelas XI dari salah satu SMA di kota Bandung dan total sampel sebanyak 8 orang. Cara pengakumulasian informasi melewati pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi kahoot untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, serta pemberian kuesioner dengan skala likert kepada siswa sebagai bentuk respon siswa terhadap penerapan metode STD. Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan nilai rata-rata siswa sebesar 59 yang tergolong dalam kategori rendah. Setelah diterapkannya metode STD, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72 yang termasuk kategori tinggi. Hasil riset membuktikan penerapan metode STD berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa secara simultan dan parsial pada materi “Kerjasama Ekonomi Internasional”. Dalam penelitian ini juga didapatkan pula hasil bahwa metode STD juga dapat meningkatkan motivasi serta minat siswa pada proses pembelajaran melalui gaya mengajar dan media pembelajaran yang digunakan.