SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI MEDIA SOSIAL DI DESA NGLONING PONOROGO
Abstract views: 64 | PDF downloads: 373
Abstract
Pelaku umkm di desa ngloning saat ini mengalami masalah dalam penjualan produk,yakni
berupa penurunan omset pendapatan karena persaingan penjualan oleh pengusaha ng
menggunakan media sosial sebagai tempat promosinya. Maka dari itu untuk memajukan dan
meningkatkan omset penjualan UMKM di Desa Ngloning, pelaku UMKM perlu di bekali
ilmu dan wawasan mengenai media sosial sebagai alat promosi dan jual beli. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan pemasaran produk pelaku UMKM dengan cara
pemasaran menggunakan media sosial. Kajian ini menggunakan metode ABCD
(Pengembangan Komunitas Berbasis Aset). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan
sosialisasi strategi pemasaran produk melalui media sosial mampu menambah pengetahuan
ataupun keterampilan pelaku UMKM dan dapat memasarkan produknya lebih luas melalui
media sosial.
Kata Kunci :Sosialisasi, Strategi pemasaran,UMKM, MedsosPelaku umkm di desa ngloning saat ini mengalami masalah dalam penjualan produk,yakni
berupa penurunan omset pendapatan karena persaingan penjualan oleh pengusaha ng
menggunakan media sosial sebagai tempat promosinya. Maka dari itu untuk memajukan dan
meningkatkan omset penjualan UMKM di Desa Ngloning, pelaku UMKM perlu di bekali
ilmu dan wawasan mengenai media sosial sebagai alat promosi dan jual beli. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan pemasaran produk pelaku UMKM dengan cara
pemasaran menggunakan media sosial. Kajian ini menggunakan metode ABCD
(Pengembangan Komunitas Berbasis Aset). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan
sosialisasi strategi pemasaran produk melalui media sosial mampu menambah pengetahuan
ataupun keterampilan pelaku UMKM dan dapat memasarkan produknya lebih luas melalui
media sosial.
Kata Kunci :Sosialisasi, Strategi pemasaran,UMKM, Medsos