PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI

  • Sari Ningsih Universitas Nasional
  • Arie Gunawan Universitas Nasional
  • Fauziah Universitas Nasional
  • Djarot Hindarto Universitas Nasional
  • Lili Dwi Yulianto Universitas Nasional
  • Satriawan Desmana Universitas Nasional
DOI: https://doi.org/10.35814/abdi.v4i2.7802
Abstract views: 62 | PDF downloads: 37
Keywords: pelatihan, pengembangan materi, pembelajaran interaktif, teknologi, guru MTS

Abstract

Pelatihan pengembangan materi pembelajaran interaktif berbasis teknologi bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTS Asyafi’iyah 04 Jakarta dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk mempersiapkan guru dalam menghadapi tantangan era digital dan memastikan pembelajaran yang relevan serta efektif bagi siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi workshop, simulasi, dan evaluasi. Workshop dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai teknologi pendidikan dan aplikasinya. Simulasi dilakukan untuk memberikan pengalaman langsung dalam mengembangkan dan menggunakan materi pembelajaran interaktif. Evaluasi dilakukan untuk menilai pemahaman dan kemampuan guru setelah mengikuti pelatihan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan guru dalam menggunakan teknologi untuk membuat materi pembelajaran interaktif. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi dan keterlibatan guru dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui integrasi teknologi.

References

A. T. Wahyuni and R. Rachmawati, 2019. “Moda Transportasi Angkutan Kota Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 6, no. 2, pp. 147–162.
C. A. Cholik, 2017 “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 2, no. 6, pp. 21–30.
C. Kustandi and D. Darmawan,2020. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.
D. Hindarto.,et all. 2024, Pengantar Teknologi Informasi, UME Publishing, Padang.
D. Somnaikubun, W. R. L. Paat, and V. R. Palilingan, 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 295–307.
H. Lathifah, 2017 “Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Dan Struktur Organisasi Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen (Studi Pada Pt. Pos Indonesia (Persero)) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung),”
I. I. Supianti, 2018 “Pemanfataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika,” MENDIDIK J. Kaji. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 4, no. 1, pp. 63–70.
M. Rurut, J. Waworuntu, and T. Komansilan, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 212–223.
S. Ningsih, A.Gunawan , and D.Hindarto, 2024. “Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Optimalisasi Penyebaran Informasi Institusi Pendidikan,” Community Development Journal., vol. 5, no. 4, pp. 6660–6664.
S. Pratasik, 2019. “Perancangan Sistem Business Intelligence Pada Palang Merah Indonesia Daerah Sulawesi Utara,” Front. J. SAINS DAN Teknol., vol. 2, no. 2.
U. Umar, 2017. “Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran,” Tarb. J. Ilm. Pendidik., vol. 11, no. 01, pp. 131–144.
Y. Bustomi, M. A. Ramdhani, and R. Cahyana, 2012. “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Sebaran Tempat Riset Teknologi Informasi di Kota Garut,” J. Algoritm., vol. 9, no. 1, pp. 171–177.
Published
2024-12-02
How to Cite
Ningsih, S., Gunawan, A., Fauziah, Hindarto, D., Yulianto, L. D., & Desmana, S. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI. Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 81-86. https://doi.org/10.35814/abdi.v4i2.7802
Section
Articles