PENGEMBANGAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN PADA GENERASI Z: MEMBANGUN GENERASI INOVATIF DAN MANDIRI

Authors

  • Gunawan Baharuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Harimurti Wulandjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Irma Sari Permata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Erwin Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Supriyadi Thalib Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Laksamana Agung Anwar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila
  • Gina Dwi Aprillia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.35814/5hathz51

Keywords:

Generasi Z, kewirausahaan, teknologi digital, inovasi, PKM

Abstract

Perkembangan teknologi digital dalam beberapa dekade terakhir telah memberikan dampak besar terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, ekonomi, dan kewirausahaan. Generasi Z, sebagai generasi yang lahir dan tumbuh dalam era digital, memiliki potensi besar dalam mengembangkan inovasi dan menciptakan peluang bisnis berbasis digital. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman tentang strategi kewirausahaan, minimnya pengalaman praktis, serta keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi untuk tujuan produktif masih menjadi kendala utama. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat karakter kewirausahaan pada Generasi Z melalui pelatihan berbasis teknologi digital. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis pelatihan interaktif dan pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan minat, kesiapan, dan keterampilan generasi muda dalam berwirausaha. Selain itu, program ini juga berkontribusi dalam menciptakan generasi inovatif yang tidak hanya mandiri secara finansial tetapi juga mampu menciptakan nilai tambah bagi masyarakat.  

References

Aghniya, N. I., & Subroto, W. T. (2021). Faktor–faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1891-1903.

Anisa, D., Nadeak, C. S., Hafizah, A., & Hasyim, H. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha UMKM Bakso Di Kota Medan yang Dimediasi Oleh Kompetensi Kewirausahaan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 24-34.

Baharuddin, G., & Ab Rahman, A. (2021). What is the most effective antecedent for developing entrepreneurial intention among Muslim youth in Indonesia?. Entrepreneurial Business and Economics Review, 9(1), 75-88.

Baharuddin, G., & Ab Rahman, A. (2020). Aligning Entrepreneurial Intention Towards Sustainable Development Among Muslim Youth in Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 14(2), 407-430.

BPS. (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Kelompok Umur. Badan Pusat Statistik Indonesia. Retrieved from https://www.bps.go.id

BPS. (2021). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2020. In Badan Pusat Statistik (Issue 13).

Dwinarko, D., & Muhamad, P. (2023). Pemberdayaan Petani Manggis Generasi Milenial Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Komunikasi Pemasaran Di Desa Ponggang Serangpanjang Subang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(10), 97-116.

Hanipah, S. A., Wiguna, A. R., & Sianturi, R. (2025). Pendidikan Kewirausahaan Untuk Menyiapkan Generasi Mandiri Dan Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 3(2), 116-126.

Hasan, M., Tiara Hutamy, E., Supatminingsih, T., Ahmad, M. I. S., Aeni, N., & Dzhelilov, A. A. (2024). The role of entrepreneurship education in the entrepreneurial readiness of generation Z students: why do digital business literacy and financial literacy matter?. Cogent Education, 11(1), 2371178.

Hidayati, H., Wediawati, B., & Sari, N. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Minat Berwirausaha Dibidang Start-Up (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Kosentrasi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jambi). Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 47-54.

Ingsih, K., Astuti, S. D., Perdana, T. A., & Riyanto, F. (2023). Program Off Campus Learning (MBKM) Meningkatkan Entrepreneur Intention Melalui Enterpreneur Competence Pada Mahasiswa Muslim Di Indonesia. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1324-1339.

Kamil, R. (2023). Generasi Z, Pustakawan, dan Vita Activa Kepustakawanan. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 25-34.

Manoma, S., & Muhammad, I. (2025). Sosialisasi Transformasi Gen Z dalam Berwirausaha di Era Digital. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 3167-3171.

Misbahuddin, A. F., Hamris, H., & Nuran, A. S. (2024). PKM Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan di Kalangan Generasi Z melalui Digitalisasi di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 279-284.

Noor, R. M., & Anwar, S. (2023). Pengaruh Motivasi, Ekspektasi Pendapatan, dan Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha dengan Pemahaman Akuntansi sebagai Variabel Moderating. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 227-243.

Paramitasari, N., Emilia, P., Yusendra, M. A. E., & Asnusa, S. (2024). The Effect Of Entrepreneurial Literacy, Digital Literacy And Social Media Use On The Entrepreneurial Interest Of High School Students. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 302-314.

Rahayu, R. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi keuangan digital: studi pada generasi Z di Indonesia. Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 74-87.

Setiawati, R., Adriani, Z., & Wediawati, B. (2022). Entrepreneurial interest in startup business based on entrepreneurial literacy and digital literacy. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 10(4), 235-250.

Sianturi, R., Fitriani, A. N., & Puadah, N. S. (2025). Wirausaha Di Kalangan Gen Z: Studi Kasus Usaha Kedai Kopi, Jus, Aksesoris, Dan Cake Di Tasikmalaya. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 3(2), 76-85.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGEMBANGAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN PADA GENERASI Z: MEMBANGUN GENERASI INOVATIF DAN MANDIRI. (2025). Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 7-13. https://doi.org/10.35814/5hathz51