PENINGKATAN LITERASI HURUF HIJAIYAH PADA ANAK-ANAK MELALUI PELATIHAN KALIGRAFI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35814/hx7f5r81Keywords:
Huruf Hijaiyah, Kaligrafi, literasiAbstract
Literasi huruf Hijaiyah merupakan dasar penting dalam pembelajaran Al-Qur'an, sehingga peningkatan kemampuan ini menjadi prioritas dalam mendukung pendidikan agama Islam. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan literasi huruf Hijaiyah pada anak-anak dengan menggunakan metode kaligrafi, yang diharapkan dapat membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan seni dan kreativitas anak-anak melalui seni kaligrafi. Metode pelaksanaan kegiatan melibatkan beberapa tahapan, yaitu pengenalan dasar-dasar huruf Hijaiyah, latihan menulis huruf Hijaiyah dengan teknik kaligrafi, dan pembuatan karya seni kaligrafi yang melibatkan huruf-huruf Hijaiyah. Setiap sesi pelatihan diadakan secara interaktif dengan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman dalam bidang kaligrafi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi huruf Hijaiyah pada anak-anak. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan minat yang lebih besar terhadap pembelajaran Al-Qur'an dan seni kaligrafi. Karya-karya kaligrafi yang dihasilkan oleh anak-anak mencerminkan peningkatan keterampilan menulis serta kreativitas mereka dalam mengolah huruf Hijaiyah menjadi bentuk seni yang indah. Secara keseluruhan, pelatihan kaligrafi ini berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan literasi huruf Hijaiyah dan mengembangkan keterampilan seni pada anak-anak sekolah dasar. Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut dan diimplementasikan di berbagai sekolah untuk mendukung pendidikan agama dan seni di kalangan anak-anak.
References
Adawiyah, R., & Fithriyani, K. (2022). Analisis Buku “Belajar Membaca Dengan Mudah Dan Menyenangkan” Karya Tethy Ezokanzo Sebagai Buku Bacaan Untuk Anak Usia Dini. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 3(1), 85–107. https://doi.org/10.55171/jaa.v3i1.642
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Binti Munawaroh, Doni Saputra, & Fawa’id, M. W. (2022). Pendampingan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Iqro’ Di Dusun Besowo Timur Desa Besowo Kepung Kediri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 3(2), 65–71. https://doi.org/10.58401/jpmd.v3i2.746
Hapipatuzzuhra. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah melalui Media Wayang Huruf Hijaiah bagi Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(01), 13–22. https://doi.org/10.46963/mash.v6i01.691
Helmalia, R., Suzanti, L., & Widjayatri, Rr. D. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 199–209. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.634
Kasmiati, K. (2023). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3067–3076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4483
Khoirotun Ni’mah, I., & Roziqin, A. (2024). Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Ummi di TK Kreatif Al-Furqon. Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i2.926
Lina Amelia, Millata Zamana, & Sri Ramadani. (2020). Efektivitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Kelompok A di TK Ikal Dolog Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 7(1), 52–64. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.939
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30
Mardiyah, S. M. (2020). Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 119–143. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3906
Mashuri, M., & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346–364. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368
Sam, Z. (2016). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Nukhbatul ’Ulum, 2(1), 206–220. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v2i1.16
Selian, S. N., & Amalia, H. (2024). Persepsi Pendidik tentang Pembelajaran Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 303–312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5192
Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAEDAGOGIA, 21(1), 31–45. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v21i1.15540