Cegah Cyberbullying Sejak Dini: Edukasi Positif untuk Siswa SDN Mekar Bakti 1

Authors

  • Dewi Sari Sumitro Universitas Esa Unggul
  • Nofia Angela Universitas Esa Unggul
  • Ananda Putriani Universitas Esa Unggul
  • Nur Indah Yusari Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.35814/e8mjt265

Keywords:

cyberbullying, literasi digital, siswa sekolah dasar, pengabdian masyarakat, pendidikan karakter

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap bahaya dan dampak dari perilaku cyberbullying yang marak terjadi di era digital. Bertempat di SDN Mekar Bakti 1, Tangerang, kegiatan ini menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif dengan metode penyuluhan, diskusi interaktif, dan simulasi peran. Tahap awal diawali dengan observasi dan penyebaran kuesioner diagnostik untuk memetakan tingkat pemahaman siswa mengenai interaksi daring yang sehat. Materi yang diberikan mencakup definisi cyberbullying, bentuk-bentuk perundungan digital, dampak psikologis bagi korban, serta strategi pencegahannya. Metode penyampaian materi menggunakan pendekatan visual dan narasi yang sesuai dengan tingkat usia anak, dilengkapi dengan video edukatif dan kegiatan bermain peran untuk menumbuhkan empati. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap etika dalam penggunaan media sosial dan komunikasi digital. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk cyberbullying yang sebelumnya tidak mereka pahami. Kegiatan ini juga membangun keberanian siswa untuk melaporkan kejadian perundungan dan mendukung teman sebaya yang menjadi korban. Sebagai tindak lanjut, tim pengabdi menyerahkan modul literasi digital kepada pihak sekolah dan memberikan sertifikat kepada peserta sebagai bentuk apresiasi. Diharapkan, program ini dapat direplikasi di sekolah lain sebagai bentuk kontribusi pendidikan tinggi dalam membangun budaya digital yang aman dan sehat sejak usia dini.

References

Chakan, A., & Millenio, M. F. (2023). Protection of cyberbullying victims in Indonesia (An overview of law and victimology). Semarang State University Undergraduate Law and Society Review, 3(1), 1– 26. https://doi.org/10.15294/lsr.v3i1.53757

Chong, D. K. S., Marimuttu, V. J., Hoe, P. S., Chew, C.

S. E., & Ang, A. S. Y. (2025). Adolescent self-harm and suicide attempts: An analysis of emergency department presentations in Singapore. Annals of the Academy of Medicine, Singapore, 54(2), 78–

86. https://doi.org/10.47102/annals- acadmedsg.2024334

Dueñas-Casado, C., Falla, D., Ortega-Ruiz, R., & Romera, E. M. (2025). Moral disengagement in primary school children involved in cyberbullying, bullying, and cybergossip. Social Psychology of Education, 28, 85–100.

https://doi.org/10.1007/s11218-025-10042-8 Hardiyanti, K., & Indawati, Y. (2023). Perlindungan

bagi anak korban cyberbullying: Studi di Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Jawa Timur. SIBATIK Journal, 2(4), 1179–1185.

https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i4.763

Kartika, H., & Indawati, Y. (2023). Perlindungan anak korban kekerasan daring di era digital. SIBATIK Journal, 2(4), 1180–1190.

https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i4.763 Nugraheni, P. D. (2021). The new face of

cyberbullying in Indonesia: How can we provide justice to the victims? Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.15294/ijicle.v3i1.43153

Safaria, T. (2016). Prevalence and impact of cyberbullying in a sample of Indonesian junior high school students. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(1), 82–91.

https://www.tojet.net/articles/v15i1/15110.pdf

Syah, R., & Hermawati, I. (2018). Upaya pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna media sosial di Indonesia. Jurnal PKS, 17(2), 131– 146.

Willard, N. (2007). Cyberbullying and cyberthreats: Responding to the challenge of online social aggression, threats, and distress. Research Press.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Cegah Cyberbullying Sejak Dini: Edukasi Positif untuk Siswa SDN Mekar Bakti 1. (2025). Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 19-22. https://doi.org/10.35814/e8mjt265