Peran Pendidikan Dalam Penguatan Etika dan Moral Anak di Panti Asuhan Bina Yatim Dan Dhu’afa Cabang Bintaro

Authors

  • Oktavia Lendo Universitas Esa Unggul
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Esa Unggul
  • Nofia Angela Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.35814/vk9j9v35

Keywords:

pendidikan karakter, etika, moral, anak panti, pengabdian masyarakat

Abstract

Kegiatan Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai etika dan moral anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan Bina Yatim dan Dhu’afa Cabang Bintaro melalui pendekatan pendidikan karakter. Anak-anak di panti asuhan umumnya menghadapi keterbatasan perhatian dari keluarga inti, yang berdampak pada perkembangan karakter mereka. Oleh karena itu, pendidikan yang mengintegrasikan nilai etika dan moral menjadi penting untuk membentuk kepribadian positif sejak dini. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan edukatif-partisipatif, dimulai dari observasi awal, penyampaian materi interaktif, diskusi kelompok, dan praktik role-play. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap konsep etika dan moral, serta adanya perubahan perilaku yang ditunjukkan melalui peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan sosial. Anak-anak mulai mampu merefleksikan pengalaman pribadi dan menunjukkan kesadaran akan pentingnya perilaku yang etis dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menguatkan peran penting pendidikan karakter dalam pengasuhan anak-anak di panti asuhan sebagai upaya menciptakan generasi yang beretika, bertanggung jawab, dan mandiri. 

References

Dewantara, K.H. (2013). Pendidikan karakter dan moral. Pustaka Pelajar.

Lickona, T. (2013). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke- 2). Kencana.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Herder and Herder.

Lickona, T. (2012). Character counts: How to encourage the development of children's good judgment, integrity, and other important virtues. Bumi Aksara.https://amcapress.amca2012.org/in dex.php/sssh/article/download/239/230/554

Bertens, K. (2020). Etika. Gramedia Pustaka Utama. https://www.scribd.com/document/590909 942/Book-Etika-K-Bertens

Daradjat, Z. (2006). Pendidikan moral: Teori dan praktek. Rineka Cipta. https://digilib.uin- suka.ac.id/11127/1/BAB%20I%2C%20IV%2C% 20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Miftahudin, M. (2020). Pendidikan karakter kemandirian anak di Panti Asuhan Iskandariyah [Skripsi, UIN Walisongo]. https://eprints.walisongo.ac.id/15703/

Wiguna, D. P. (2023). Panti Asuhan Udyana Wiguna: Mengupas Kasus Korupsi dan Mengenal Yoga Center Novri Yoga. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/dwiprayanti 4848/65823a9ec57afb43ff31e9f2

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Pendidikan Dalam Penguatan Etika dan Moral Anak di Panti Asuhan Bina Yatim Dan Dhu’afa Cabang Bintaro. (2025). Abdi Implementasi Pancasila: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 23-26. https://doi.org/10.35814/vk9j9v35