Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital

  • Sunarto Prayitno Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152
Abstract views: 2816 | PDF downloads: 3446
Keywords: Integrated Global Marketing Communications, Konsumen Global, Pengembangan Pesan Global, Penetrasi Media Global, Pola Perencanaan IGMC

Abstract

Ditemukannya komputer, terutama internet, menyebabkan perubahan mendasar dalam konsep, strategi, taktis, dan implementasi pada bisnis, pemasaran, dan komunikasi pemasaran, yang bergeser dari kondisi pasar konvensional ke pasar modern pada era digital. Integrated Marketing Communications (IMC), merupakan suatu konsep hasil penelitian para praktisi dan akademisi dalam mengantisipasi kemandulan strategi lama yang sudah tidak dapat dihandalkan, dan menjadi paradigma baru yang patut dijadikan acuan dasar dalam menghadapi tantangan di pasar global. Penerapan konsep dan strategi IMC pada pasar global dikenal sebagai perencanaan Integrated Global Marketing Communications (IGMC). Perubahan-perubahan yang terjadi pada perilaku konsumen, pola pengembangan pesan, berkembang-biaknya media khususnya media digital, dan integrasi elemen-elemen komunikasi pemasaran merupakan dasar pengembangan rencana strategis (strategic plan) IGMC. Implementasi program IGMC dapat diharapkan menjadi ‘peta jalan’ menuju pencapaian kesuksesan organisasi atau perusahaan pada era digital. Paper ini merupakan hasil kajian rangkuman dari berbagai dimensi pemikiran para ahli, di samping analisis, interpretasi, dan theorizing penulis

 

References

Bolderston, A. (2008). Writing an Effective Literature Review. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 39, 86-92.

Chaffey, D., Chadwick, F. E. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

DeVito, J. A. (2001). The Interpersonal Communication Book (9th ed.) New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Denney, A.S., & Tewksbury, R.T. (2012). How to Write a Literature Review, Journal of Criminal Justice Education, DOI:10.1080/10511253.2012.730617

Duncan, T. (2005). Principles of Advertising & IMC (2nd ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Estaswara, H. (2021). Strategic Communication dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 77-87.

Fill, C. & Yeshin, T. (2001). Integrated Marketing Communications: 2001-2002. Woburn: Butterworth-Heinemann.

Greenberg, E. & Kates, K. (2014). Strategic Digital Marketing. New York: McGraw-Hill Education.

HoyerW. D., Macinnis, D. J., Pieters, R. (2018). Consumer Behavior (7th ed.). Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Kincaid, J. W. (2003). Customer Relationship Management: Getting It Right!. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Molenaar, C. (2002). The Future of Marketing: Practical Strategies for Marketers in the Post- Internet Age. London: Pearson Education Limited.

Prayitno, S. & Harjanto, R. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu: Bisnis, Pemasaran, dan Komunikasi Pemasaran, Seri#1. Depok: Rajawali Pers, Divisi Buku Perguruan Tinggi.

Prayitno, S. & Irwansyah. (2012). Marketing Communications in Global Society. Journalism and Mass Communication, 12(2):1149-1157.

Prayitno, S. (2020). Peranan ‘Digital Branding’ dalam Pengembangan Potensi Perusahaan. Gagasan Komunikasi untuk Negeri (1st ed.). Santoso, Edi (editor). 94-107. Purwokerto: Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman.

Schults, D. E. & Kitchen P. J. (2000). Communicating Globally: An Integrated Marketing Approach. Lincolnwood: NTC Business Books. Schultz, D. E. & Schultz, H. (2004). IMC The Next Generation: Five Steps for Delivering Value and Measuring Returns Using Marketing Communication. New York: McGraw-Hill Books.

Schultz, D. E., Tannenbaum, S. I. & Lauternborn, R. F. (1993). Integrated Marketing Communications: Pulling It Together & Making It Work. Lincolnwood: NTC Business Books. Vivan, J. (1993). The Media of Mass Communication. (2nd ed.). Boston: Allyn and Bacon

Published
2021-09-16
How to Cite
Prayitno, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(1), 27-39. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2152
Section
Articles