Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers

  • Ayu Priana Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Wijayanti Sutjipto Universitas Negeri Jakarta
  • Nada Arina Romli Universitas Negeri Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097
Abstract views: 4432 | PDF downloads: 4513
Keywords: Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Penggunaan Media Sosial, Kesehatan Mental

Abstract

Media sosial kini menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari berbagai kegiatan sehari-hari oleh banyak orang. Penggunaan media sosial dapat dijadikan sumber informasi atas suatu hal yang dicari atau dibutuhkan. Saat pandemi Covid-19, terdapat dampak yang turut dirasakan oleh banyak orang, salah satunya pada kesehatan mental manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial Instagram @riliv dengan pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental followers. Populasi penelitian ini adalah pengikut dari akun Instagram @riliv, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan dengan survei yang menyebarkan kuesioner kepada responden secara daring. Penelitian ini memakai paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini adalah korelasional dengan teknik analisis data statistik inferensial (korelasi rank spearman). Data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan tinggi (kuat) antara penggunaan media sosial Instagram @riliv dengan pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental followers. Nilai koefisien korelasi bernilai positif, menandakan bahwa apabila terdapat peningkatan penggunaan media sosial Instagram @riliv, maka pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan mental pengikutnya akan turut meningkat. Dimensi-dimensi variabel X pada penelitianini masing-masing memiliki hubungan yang cukup berarti dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y). Berdasarkan hasil uji korelasi rank spearman, dimensi connection memiliki nilai koefisien korelasi paling tinggi dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y), sedangkan dimensi context memiliki nilai koefisien korelasi paling rendah dengan pemenuhan kebutuhan informasi (Y).

References

Afandi, Samudra, J. P., Sherley, Veren, & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Azahra, N. A., & Hasbiansyah, O. (2021). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Prosiding Manajemen Komunikasi, 7(2).

Cahyaningsih, E. (2017). Pemilihan dan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Online Toko Hawa Busana. EJournal Administrasi Bisnis, 5(4), 1447–1459.

Christria, J., & Anggraeni, D. (2016). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Merek: Studi Pada Restoran Joe’s Grill Swiss-BelHotel. CoverAge: Jurnal of Strategic Communication, 7(1), 14–27.

Desfiana, M. F. R., & Karsa, S. I. (2021). Hubungan Penggunaan Instagram Simamaung dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 23–29. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.66

Firdaus, D., Yustikasari, & Prastowo, F. A. A. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Instagram @infobdgcom dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Journal of Scientific Communication, 3(2), 85–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v3i2.11360

Habibah, A. F., & Irwansyah. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255

Haqqu, R. (2020). Uji Uses and Gratifications dalam Intensitas Menonton Program Talk Show Melalui Televisi. CoverAge: Jurnal of Strategic Communication, 10(2), 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1378

Helen, & Rusdi, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Akun Instagram @Jktinfo Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Prologia, 2(2), 355–362.

Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. GoodNews from Indonesia.

Iskandar, S. (2018). Penentuan Pengaruh Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Kecerdasan (Logika-Matematika) dengan Menggunakan Metoed Distribusi Chi Kuadrat. Jurnal Irfani, 14(2), 1000–1106.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran (Pertama). Kencana.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (Sixth). Pearson Education, Inc.

Nurcahyani, I. (2021, April 5). Studi: Orang Indonesia Memanfaatkan Teknologi Untuk Tingkatkan Kesehatan. Antara News.

Pertiwi, W. K. (2019). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia? Kompas.Com.

Pramiyanti, A., Putri, I. P., & Nureni, R. (2014). Motif Remaja dalam Menggunakan Media Baru (Studi Pada Remaja di Daerah Sub-Urban Kota Bandung). KomuniTi, 6(2), 95–103.

Putra, Y. M., & Harsono, L. D. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Tugas Akhir (Survei Terhadap Followers @Ta_Feb). E-Proceeding of Management, 2(1), 148–155. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/1127/1080

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54

Rifani, D. A., & Rahadi, D. R. (2021). Ketidakstabilan Emosi dan Mood Masyarakat Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.38043/jmb.v18i1.2747

Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Databoks.

Rossza, D. A. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram @halodoc Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Followers. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Politik, 7(1), 1–11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/26577/25695

Rustiaputri, G. A. D., Perbawasari, S., & Sjoraida, D. F. (2012). Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Twitter @coffeecombi dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers Mengenai Produk. E-Journal Mahasiswa Universitas Padjajaran, 1(1), 1–15.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram adlam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 490–501.

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratification. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207–216. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Sari, G. G., Wirman, W., & Dekrin, A. (2021). Pengaruh Body Image Terhadap Konsep Diri Mahasiswi Public Relations di Kota Pekanbaru. CoverAge: Jurnal of Strategic Communication, 12(1), 52–60. https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v12i1.2610

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2020). Metode Penelitian Komunikasi: Dengan Pendekatan Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, I. I., & Nugroho, C. (2015). Hubungan Antara Penggunaan Majalah “Suave” dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pelanggan. Jurnal Komunikasi, 3(2), 23–32.

Watie, E. D. S. (2012). Periklanan dalam Media Baru (Advertising in The New Media). The Messenger, 4(1), 37–43.

Published
2022-03-28
How to Cite
Ayu Priana, Sutjipto, V. W., & Romli, N. A. (2022). Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram @riliv dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan Mental Followers. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 85-97. https://doi.org/10.35814/coverage.v12i2.3097
Section
Articles