Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Menghadapi Persaingan Pasar Internasional: Studi Kasus Produk Indomie

Authors

  • Gayatri Atmadi Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.5956

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Terpadu, Merek, Mi Instan, Pasar Internasional, Produk Makanan

Abstract

Persaingan bisnis produk makanan semakin ketat terjadi di dunia. Mi instan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di berbagai negara termasuk Indonesia. Berdasarkan data World Instant Noodles Association (WINA) per 12 Mei 2023, konsumsi mi instan di Indonesia mencapai 14,26 miliar porsi pada 2022. Posisi Indonesia berada di bawah Cina dengan konsumsi mi instan sebesar 45,07 miliar porsi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis berbagai kegiatan komunikasi pemasaran terpadu produk mi instan yang digemari masyarakat. Dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, penelitian ini berupaya untuk menganalis kompleksitas kegiatan komunikasi pemasaran terpadu berdasarkan pada studi dokumen yang diperoleh melalui pengumpulan data dari berbagai media digital serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan walau diterpa kasus pemberitaan yang meresahkan sebagian masyarakat tentang adanya penarikan produk Indomie yang dipublikasikan pada media massa di Taiwan, namun PT.Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) sebagai produsen mi instan merek Indomie di Indonesia telah berhasil menghadapi persaingan ketat dalam pasar international dengan menunjukkan laba bersih perusahaan pada kuartal III/2023 menembus nilai sebesar Rp 51,30 triliun atau meningkat sebesar 5% YoY. Selain itu, kegiatan komunikasi pemasaran terpadu produk Indomie di Indonesia, seperti periklanan, sponsorship dan pameran tetap berhasil meraup keuntungan finansial.

References

Berger, C. R., & Chaffee, S. H. (1987).

Handbook of Communication Science. SAGE Publications.

Cangara, H. (2014). Perencanaan & Strategi Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2016). Effective Public Relations. Edisi Kesembilan. Prenadamedia Group.

Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., Jeyaraj, A., Clement, M., & Williams, M. D. (2019). Re-examining the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT): Towards a Revised Theoretical Model. Information Systems Frontiers, 21(3), 719–734. https://doi.org/10.1007/s10796-017-9774-y

Effendy, O. U. (2015). Dinamika Komunikasi. Edisi Kesembilan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Estaswara, B. H. (2021). Strategic Communication dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 79–90. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2028

Estaswara, H., Halim, U., & Burhan, B. (2020). Memaknai Strategic Communication. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i1.1725

Hariyati, F., & Sovianti, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Customer Loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 52–66. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2019

Hayuni, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Kebermanfaatan Terhadap Penggunaan E-Money Shopeepay Sebagai Alat Transaksi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hutagalung, R. A., Nainggolan, P., & Panjaitan, P. D. (2021). Analisis Perbandingan Keberhasilan UMKM Sebelum Dan Saat Menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ekuilnomi, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v3i2.260

KPw BI Provinsi Banten. (2024). Laporan Perekonomian Provinsi Banten. In Bank Indonesia.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Liliweri, A. (2018). Paradigma Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moeloeng, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, A., Naryoso, A., Yuliyanto, M., & Surayya Ulfa, N. (2022). Strategi Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Dalam Kampanye Nasional Penurunan Prevalensi Stutning. Interaksi Online; 10(2): April 2022. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/33664

Ningrum, E. H., Aji, H., & Widiyowati, E. (2024). Strategi Komunikasi Generasi Baru Indonesia Solo pada Sosialisasi QRIS Sebagai Literasi Penggunaan Pembayaran Non Tunai di Kota Solo. Komunikasi Tiada Batas, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47942/jkom.v10i2.1760

Ningsih, E. S., & Rohmah, W. (2024). Pemahaman Akuntansi Perbankan Ditinjau Dari Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Surakarta). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5148–5153. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2858

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K.,

& Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Putri, N. Z. (2023). Strategi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Aceh Dalam Membudayakan Transaksi Non Tunai Melalui QRIS Pada UMKM di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim, A. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Shafira, A. (2024). Strategi Komunikasi Kehumasan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan DIY Dalam Mensosialisasikan Gerakan Selamatkan Pangan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi Volume, 9(3), 671–685.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384

Suryanto, M. Z. A., & Suaib, N. R. (2024). Strategi Komunikasi Public Relations sampaijauh.com Dalam Campaign 1000 Sepatu Alas Tempuh. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 16–33. https://doi.org/10.35760/mkm.2024.v8i1.11028

Swaryputri, I. G. A. L., & Wibisono, A. (2022). Strategi Komunikasi Humas Bank Indonesia Dalam Sosialisasi Penerapan Transaksi Non Tunai (QRIS) Di Provinsi Bali. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 24(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1226

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27(3), 425–478. https://doi.org/10.2307/30036540

Yudha, F., & Nuraryo, I. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Produk Logam pada CV Tanjung Indah Logam. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 4(1). https://doi.org/10.33830/ikomik.v4i1.6940

Downloads

Published

2025-04-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Menghadapi Persaingan Pasar Internasional: Studi Kasus Produk Indomie. (2025). CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(2), 217-225. https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.5956