Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi dan Pembelajaran
Abstract views: 115 | PDF downloads: 129
Abstract
Saat ini, perkembangan teknologi informasi telah mencapai tingkat yang sangat canggih. Teknologi informasi muncul di bermacam-macam bidang kehidupan, salah satunya pada bidang pendidikan. Dalam era digital yang terus berkembang, peran teknologi informasi sangat dominan dalam mengubah dunia pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas dampak positif yang ditimbulkan oleh pemanfaatan teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan sumber informasi dan pembelajaran. Selain itu, Teknologi informasi tidak hanya memperluas akses ke sumber informasi yang relevan dan terkini tetapi juga memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan individu mahasiswa. Artikel ini juga membahas isu-isu yang penting untuk diperhatikan dalam konteks pendidikan. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengetahui seberapa besar manfaat dari teknologi yang telah dilakukan para mahasiswa pada proses pencarian informasi maupun pembelajaran. Penelitian ini juga membahas tentang pendapat mahasiswa Ilmu Komunikasi, Univesitas Negeri Jakarta, terhadap pemanfaatan teknologi dalam proses pencarian informasi maupun pembelajaran dengan menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei yang dilakukan dengan pengumpulan data dalam formulir Google (g-form) yang dibagikan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar mahasiswa sangat bergantung pada teknologi informasi, baik dalam bentuk media digital seperti e-book dan platform pembelajaran online, maupun perangkat seperti laptop dan smartphone, untuk mendukung kegiatan belajar dan pencarian informasi.
References
Aka, K. A. (2017),Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. ELSE: Elementary School Education Journal: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2A), 28–37, http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724.
Akbar, A. Jabbar, A., Saleem, Q. U. A., & Ashiq, M. (2022), Access and Use of Digital Information Resources by Students with Vision Impairment: Challenges, Prospects and Expected Role of Libraries. International Journal of Disability, Development and Education, 71(2), 189–207, DOI: https://doi.org/10.1080/1034912X.2022.2095356.
Alenezi, M. (2023), Digital Learning and Digital Institution in Higher Education. Education Sciences, 13 (1), 88, DOI: https://doi.org/10.3390/educsci13010088.
Astini, Sari, N. K.(2020), Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Bambang Warsita, B. W. (2014), Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran, Jurnal Teknodik, XV, 84–96, DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91.
Budiman, H. (2017), Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43, DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.
Gani, A. G. (2016), e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan, Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.
Liu, M., Yu, D., Towards intelligent E-learning systems, Educ Inf Technol 28, 7845–7876 (2023), DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-022-11479-6.
Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022), Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 242–246, DOI: https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.494.
Mayasari, M. (2023), Analisis Penerapan Teknologi dalam Pendidikan dan Dampaknya terhadap Kesehatan di Lingkungan Sekolah. Journal on Education, 6(1), 93–100., DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2916
Meganingrum, R. W., Harahap, H. S., & Harahap, A. S. (2023), Pengaruh Pemanfaatan Google Assistant dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 13(2), 122–132, DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v13i2.3396.
Matsura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293
Norhayati, N., & Jayanti, S. (2020), Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus: Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya), Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29–36, DOI: https://doi.org/10.34128/jht.v6i1.73.
Nurbaity, A. L., & Dewi, D. A. (2021), Paradigma Baru Bagi Pendidikan Masa Depan Indonesia, IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 15–24, DOI: https://doi.org/10.59525/ijois.v2i1.18
Nuryati, N., Pramono, A. E., & Desristanto, P. (2021), Perspektif Mahasiswa Mengenai Kendala dalam Pembelajaran Kodifikasi Klinis Secara Daring, Jurnal Kesehatan Vokasional,