Strategi Transformasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perusahaan Parkir di Indonesia

  • Bertha Puspita Universitas Pancasila
  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila
  • Derriawan Derriawan Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/ekobisman.v7i2.5118
Abstract views: 165 | PDF downloads: 105
Keywords: Transformasi Digital, Kualitas Layanan, Manajemen Strategi

Abstract

Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif tentang strategi transformasi digital untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan parkir agar dapatĀ  meningkatkan hasil yang optimal pada implementasinya, sehingga tetap dapat eksis dan bersaing di industri bisnis parkir. Teknik pengambilan sample yaitu sampling purposif. Pengumpulan data dengan observasi dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini dilakukan secara comprehensive terhadap hal-hal yang berpengaruh pada bisnis yaitu faktor-faktor internal maupun eksternal dengan menggunakan perangkat analisa manajemen strategi untuk merumuskan alternatif-alternatif strategi antara lain Internal Factor Evaluation dan External Factor Evaluation, Competitive Profile Matrix, Matriks TOWS, Strategic Position and Action Evaluation Matrix dan Grand Strategy Matrix. Untuk penentuan prioritas pada alternatif strategi perusahaan dilakukan analisa keputusan Quantitative Strategic Planning Matrix. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang tepat untuk mendukung transformasi digital perusahaan adalah Strategi Inovasi Produk, Layanan dan Digitalisasi. Dengan tetap memperhitungkan peningkatan kualitas layanan dan pengembangan pasar sebagai alternatif penerapan strategi perusahaan, pengembangan produk, layanan perusahaan parkir melalui pengembangan teknologi.

Published
2022-12-31
Section
Articles