Strategi Citra Merek dalam Meningkatkan Kepuasan (Studi Empiris Pelanggan Kopi Kenangan Jakarta Selatan)

  • Himma Ulya Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila
  • Zulkifli Zulkifli Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila
  • Derriawan Derriawan Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila
Keywords: Promosi, Kualitas Pelayanan, Inovasi, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara promosi, kualitas layanan, dan inovasi, serta bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi citra merek dan kepuasan pelanggan Kopi Kenangan di Jakarta Selatan. Penduduk Jakarta Selatan yang sering mengunjungi Kopi Kenangan adalah 190 responden yang termasuk dalam penelitian ini. Pengambilan sampel non-probabilitas digunakan untuk metode pengambilan sampel. Mengumpulkan informasi melalui kuesioner dan kelompok fokus (FGD). Analisis Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk memproses data, dan SmartPLS digunakan untuk tujuan ini. Studi ini menemukan bahwa kualitas layanan dan inovasi keduanya secara signifikan terkait dengan citra merek, dan citra merek, pada gilirannya, secara signifikan terkait dengan kepuasan pelanggan. Persepsi masyarakat terhadap suatu merek juga dipengaruhi oleh iklannya. Namun, variabel promosi tidak memiliki dampak yang terlihat pada kebahagiaan pengguna akhir. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa strategi yang tepat, yaitu inovasi produk, dipilih sebagai bagian dari rencana strategis untuk kebahagiaan pelanggan, yang didasarkan pada temuan analisis.

Published
2023-04-30
Section
Articles